HALIMATU, SA’ADIAH (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR PROJEK IPAS TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMK. S2 thesis, Universitas Mataram.
Text
Tesis_Halimatusaadiah finish.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
Artikel_Halimatusaadiah_Rev.pdf Download (321kB) | Preview |
Abstract
Modul ajar adalah pedoman pembelajaran yang dirancang secara sistematis dan menarik yang merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul ajar projek IPAS terintegrasi kearifan lokal untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif yang layak ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 6 Mataram kelas X tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian diperoleh: (1) nilai rata-rata kevalidan 3,50 dalam kategori valid, (2) telah memenuhi syarat kepraktisan dengan nilai rata-rata 4,70 dalam kategori sangat praktis, (3) nilai rata-rata keefektifan dalam peningkatan keterampilan berpikir kreatif N-gain sebesar 70,92% dengan kategori tinggi, dan persentase ketuntasan kelas dalam penguasaan konsep sebesar 94% dalam kateri sangat tinggi. Ini dapat disimpulkan bahwa modul ajar projek IPAS terintegrasi kearifan lokal pada aspek IPAS zat dan perubahannya dinyatakan layak
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 10:36 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 10:36 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39565 |
Actions (login required)
View Item |