PENGARUH TANAMAN REFUGIA TERHADAP POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA KUMBANG (Epilachna sp.) PADA TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.)

ASTAMI, MUZAKIR (2023) PENGARUH TANAMAN REFUGIA TERHADAP POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA KUMBANG (Epilachna sp.) PADA TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1M018016-Astami Muzakir-skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
C1M018016-Astami Muzakir-jurnal.pdf

Download (596kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui populasi dan intensitas hama Kumbang (Epilachna sp.) pada tanaman kentang terhadap pengendalian menggunakan tanaman refugia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2022 sampai dengan bulan Agustus 2022, bertempat di Desa Sembalun, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan rancangan acak kelompok (RAK) non faktorial yang terdiri dari 6 aras perlakuan yaitu P0 : Kontrol, P1 : Bunga Kenikir, P2 : Kacang Kapri, P3 : Bunga Matahari, P4 : Bunga Marigold dan P5 : Bunga Zinia dengan 3 kali ulangan, sehingga diperoleh 18 unit percobaan. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan uji analysis of variance (Anova) pada taraf 5% diikuti dengan uji BNJ 5% serta uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan tanaman refugia yang diintergrasikan pada tanaman kentang terhadap populasi, intensitas serangan dan berat umbi kentang tidak menunjukkan adanya perbedaan secara signifikan dalam menekan populasi dan intensitas serangan hama kumbang lembing (Epilachna sp.) pada tanaman kentang (Solanum tuberosum L.). Sedangkan analisis kelompok/ulangan menunjukkan hasil yang berbeda nyata secara signifikan dalam menekan populasi dan intensitas serangan hama kumbang (Epilachna sp.) pada tanaman kentang

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Refugia, Epilachna sp. dan Kentang
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Jun 2023 10:36
Last Modified: 09 Jun 2023 10:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39567

Actions (login required)

View Item View Item