PENGARUH WARNA PEMBUNGKUS BUAH JAMBU BIJI KRISTAL (Psidium guajava var. crystal) TERHADAP SERANGAN HAMA LALAT BUAH (DIPTERA: TEPHRITIDAE)

Baiq Lisa Ardian, Cahyani (2023) PENGARUH WARNA PEMBUNGKUS BUAH JAMBU BIJI KRISTAL (Psidium guajava var. crystal) TERHADAP SERANGAN HAMA LALAT BUAH (DIPTERA: TEPHRITIDAE). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL LISA.pdf

Download (833kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui warna pembungkus yang paling berpengaruh terhadap intensitas serangan hama lalat buah dan untuk mengetahui secara fisik warna pembungkus yang paling tepat sebagai pengendalian hama lalat buah. Penelitian ini menggunakan RAK (Rancangan Acak Kelompok) dengan 4 perlakuan, perlakuan tersebut adalah pembungkus warna merah, kuning, hitam, putih dan tanpa dibungkus sebagai kontrol. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di lahan jambu kristal milik petani di Desa Lelede Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Berdasarkan hasil penelitian pembungkus plastik hitam mampu menekan persentase kerusakan buah jambu kristal akibat hama lalat buah hingga 0%, kemudian diikuti oleh pembungkus putih lebih baik dibandingkan dengan pembungkus warna kuning dan merah. Pembungkus warna hitam efektif untuk mencegah kerusakan akibat serangan hama lalat buah serta dari segi kualitas dan kuantitas buah akan lebih baik, tetapi menggunakan plastik hitam ini kurang efisien untuk petani. Lalat buah mulai menginfeksi buah disaat buah berumur 3 minggu setelah dibungkus atau 7 MSA (Minggu Setelah Anthesis) dengan diameter rata-rata 4,55 cm serta rata-rata kekerasan 3,31 mm/g/5s dan gejalanya mulai tampak pada saat buah berumur 4 minggu setelah dibungkus atau 8 MSA (Minggu Setelah Anthesis) dengan diameter rata-rata 5,63 cm serta rata-rata kekerasan 3.04mm/g/5s. Ditemukan 7 spesies lalat buah yang didapatkan berdasarkan hasil host rearing yaitu, Bactrocera pyrifoliae, Bactrocera opiliae, Bactrocera correcta, Bactrocera dorsalis, Bactrocera carambolae, Bactrocera kandiensis dan Bactrocera musae

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): diameter, kekerasan,warna buah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Jun 2023 00:49
Last Modified: 10 Jun 2023 00:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39572

Actions (login required)

View Item View Item