PERENCANAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA ROOFTOP UNTUK KAWASAN PERUMAHAN DI KOTA MATARAM BERDASARKAN PEMETAAN POTENSI IRADIASI

MUKTI, WIBAWANTO (2023) PERENCANAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA ROOFTOP UNTUK KAWASAN PERUMAHAN DI KOTA MATARAM BERDASARKAN PEMETAAN POTENSI IRADIASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_Mukti Wibawanto_F1B019104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Mukti WIbawanto_F1B019104.pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

Perencanaan dan pemetaan PLTS rooftop On-grid, seperti yang kita ketahui Indonesia memiliki potensi radiasi matahari berkisar 4,8 kWh/m2 per-hari, sehingga apakah dengan potensi yang ada dapat memenuhi kebutuhan energi harian pada rumah, perbandingan perhitungan manual dan hasil perhitungan anggaran dapat menghemat biaya, adapun tujuan dengan adanya PLTS rooftop untuk meringankan tagihan energi listrik rumah dari hasil penggunaan energi siang hari, membandingakn produksi energi keluaran dengan perhitungan manual dan PVsyst. Pada PERMEN ESDM No. 49 Tahun 2018, nilai energi ekspor dihitung hanya 65% pada kWh meter Exim. Dengan adanya pemetaan bertujuan untuk mengetahui berapakah luas area rooftop, rata-rata iradiasi dan PV Out di kecamatan Sekarbela. penggunaan energi rumah pada siang hari, dan perkiraan potensi PV Out, maka didapatkan kapasitas optimal PLTS dan produksi energi dari sistem PLTS rooftop perhari dan per-tahun dan pada perencanaan ini mendapatkan nilai Performance Ratio berkisar 79-85%, dan memperoleh selisih perhitungan manual dan PVsyst sebesar 2 MWp per tahunnya. serta terdapat Singel Line Diagram PLTS rooftop. Dalam perencanaan PLTS rooftop dihitungkan berapakah perkiraan total anggaran, biaya Nett Present Cost, Nett Present Benefit, Nett Present Value dan Payback Pride. Sehingga didapatkan hasil penghematan dengan adanya PLTS rooftop On-grid setiap harinya sebesar 14 kWh per hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemetaan, PLTS rooftop On-grid, produksi energi, NPV dan payback priode.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:57
Last Modified: 12 Jun 2023 03:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39633

Actions (login required)

View Item View Item