ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MINUMAN FRANCHISE BERBASIS TEH DI KOTA MATARAM

Windy Hery, Octari (2023) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MINUMAN FRANCHISE BERBASIS TEH DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_WINDY HERY OCTARI_ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MINUMAN FRANCHISE BERBASIS TEH DI KOTA .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
J_WINDY HERY OCTARI_ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MINUMAN FRANCHISE BERBASIS TEH DI KOTA .pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Bisnis minuman teh menjadi sangat menjanjikan dan potensial pada era sekarang ini. Sangat banyak gerai minuman franchise yang menyajikan minuman berbasis teh yang beragam di wilayah Kota Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis preferensi konsumen terhadap minuman franchise berbasis teh di Kota Mataram, (2) Mengidentifikasi atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian produk minuman franchise berbasis teh di Kota Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi lapangan dan pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Penelitian dilakukan di 5 kecamatan Kota Mataram yang terdapat outlet minuman franchise berbasis teh. Penentuan Responden menggunakan metode Quota Sampling sebanyak 60 orang dengan teknik Accidental Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif, sumber data adalah data primer dan sekunder. Data dianalisis dengan 1) Metode Fishbein, dan 2) Importance Performance Analysis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Preferensi konsumen terhadap minuman franchise berbasis teh di Kota Mataram konsumen sangat menyukai minuman franchise berbasis teh yang memiliki pelayanan yang ramah, menu yang beragam, merek yang mudah dikenali, dan harga yang sesuai dengan kualitas minuman franchise berbasis teh di Kota Mataram. (2) Atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian produk minuman franchise berbasis teh di Kota Mataram adalah merek dan pelayanan yang terdapat di kuadran II sehingga atribut harus dipertahankan karena atribut ini menjadi keunggulan bagi konsumen. Menu dan harga yang terdapat di kuadran III memiliki tingkat kepentingan rendah, sehingga peningkatan atribut dapat dipertimbangkan kembali karena pengaruhnya sangat kecil. Sehingga disarankan kepada pengusaha minuman franchise berbasis teh untuk meningkatkan atribut yang menjadi keunggulan bagi konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : Preferensi, Fishbein, Importance Performance Analysis (IPA), Minuman Franchise Berbasis Teh
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:57
Last Modified: 12 Jun 2023 03:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39638

Actions (login required)

View Item View Item