PENGARUH PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs AL-AZIZIYAH PUTRI KAPEK GUNUNGSARI TA. 2022/2023

Kemuning, Wismayani (2023) PENGARUH PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs AL-AZIZIYAH PUTRI KAPEK GUNUNGSARI TA. 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Kemuning Wismayani_E1R016043_Skripsi_CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Kemuning Wismayani_E1R016043_Artikel.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang penting diajarkan di setiap jenjang pendidikan. untuk menyelesaikan masalah matematika secara efektif siswa perlu memiliki proses berpikir yang baik untuk menyelesaikan masalah-masalah yang relevan. Hal ini juga menjadi tugas guru matematika untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dengan kemampuan memilih model pembelajaran yang akan diterapkan di kelas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII MTs. Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari tahun ajaran 2022/2023 dan mendeskripsikan pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII MTs. Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan melibatkan dua kelompok atau dua kelas yang dikenal dengan desain the posttestonly control group desain. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh kelas VIII dengan jumlah keseluruhan 7 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen dan VIII-6 sebagai kelas kontrol. Adapun tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan satu instrumen yaitu tes kemampuan koneksi matematis. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII MTs. Al-Aziziyah Putri dengan pendekatan RME lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen 65 dan kelas kontrol 56,57. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai yaitu yang berarti terdapat pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII MTs. Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari. Besar pengaruh yang diberikan adalah 5,75% yang artinya pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan koneksi matematis tidak besar. Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekan RME (Realistic Mathematics Education) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII MTs. Al-Aziziyah Putri namun pengaruh yang diberikan tidak besar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan, RME (Realistic Mathematics Education), Kemampuan Koneksi Matematis
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:57
Last Modified: 12 Jun 2023 03:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39649

Actions (login required)

View Item View Item