IMPLEMENTASI SEKOLAH PERJUMPAAN SEBAGAI MODEL PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 1 GUNUNGSARI

HABIBUR, RAHMAN (2023) IMPLEMENTASI SEKOLAH PERJUMPAAN SEBAGAI MODEL PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 1 GUNUNGSARI. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS FULL COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL INTERNASIONAL HABIBURRAHMAN 2023.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HABIBURRAHMAN ABSTRAK TESIS 2023.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

SMAN 1 Gunungsari adalah sekolah yang menerapkan pembelajarannya dengan model sekolah perjumpaan. Sekolah ini berada di Desa Gunungsari Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat NTB. Jika merujuk pada data sekolah di NTB, sekolah ini bukan kategori sekolah besar dengan perkembangan yang sebelumnya tidak sedemikian pesat sebagaimana sekolah-sekolah yang ada di pusat kota maupun di titik pusat Kabupaten yang ada di Lombok Barat. Sekolah ini kemudian bertransformasi menjadi sekolah yang patut diperhitungkan dengan capaian yang sangat produktif setidaknya hingga tahun 2023 atau saat penelitian ini dihasilkan. Capaian tersebut tidak luput dari model pembelajaran yang diterapkan di sekolah ini yaitu dengan menggunakan model sekolah perjumpaan. Sekolah Perjumpaan adalah sebuah model yang digunakan dalam memperkuat pendidikan karakter dengan tujuan mengembangkan keterampilan sosial dan emosional siswa melalui kegiatan-kegiatan yang menumbuhkan rasa empati, saling menghargai, dan kerjasama. Teknik dan prosedur penelitian data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi, yaitu observasi unobstructive, wawancara semi terstruktur, dan proses pemeriksaan dokumen. Wawancara dilakukan kepada 9 (sembilan) orang yang terlibat (Kepala Sekolah, Pendidik dan Tenaga Kependidikan bahkan siswa dan orang tua) di SMAN 1 gunungsari dengan menggunakan metode purposive sampling. Prosedur analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Tahap keterpercayaan data dilakukan dengan melakukan proses kredibilitas, transferabilitas, reliabilitas, dan konfirmabilitas data. Dengan mengimplementasikan Sekolah Perjumpaan sebagai model penguatan pendidikan karakter, pembelajar yang terdiri atas siswa, guru, staf karyawan bahkan orang tua diperoleh hasil bahwa terjadi perubahan dan pola pembelajaran yang memperkuat pendidikan karakter antar sesama menjadi lebih berempati, mampu berkomunikasi dengan baik, dan memiliki keterampilan sosial dan emosional yang lebih baik. Akan tetapi penulis dalam proses penelitian ini menemukan beberapa kelemahan dalam mengimplementasikan sekolah perjumpaan terutama dalam hal kolegialitas hubungan internal maupun eksternal kelembagaan. Oleh karena itu, diperlukan adanya upaya untuk mengatasi kelemahan tersebut dan memastikan implementasi dan penerapan sekolah perjumpaan dapat berjalan dengan baik dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Pendidikan, Implementasi, Sekolah Perjumpaan, Pendidikan Karakter.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:57
Last Modified: 12 Jun 2023 03:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39660

Actions (login required)

View Item View Item