Sistem Informasi Diagnosis Penyakit Telinga Berbasis Android Menggunakan Kamera Endoskopi Dengan Metode Extreme Programming

Sharah Almira, Najati (2023) Sistem Informasi Diagnosis Penyakit Telinga Berbasis Android Menggunakan Kamera Endoskopi Dengan Metode Extreme Programming. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA2 Final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_SHARAH ALMIRA NAJATI_F1D018056.pdf

Download (585kB) | Preview

Abstract

Telinga, hidung dan tenggorokan adalah termasuk organ-organ bagian tubuh yang bersentuhan langsung dengan keadaan eksternal. Menjaga kebersihan dan kesehatan THT menjadi kebiasaan rutin setiap orang. Namun untuk mengetahui kesehatan THT memerlukan lebih dari sekedar pemeriksaan manual menggunakan mata sendiri. Diperlukan orang ketiga untuk membantu pemeriksaan THT dan tidak lepas juga dengan penggunaan alat medis untuk melakukan deteksi dini. Berbagai sektor kesehatan di Indonesia sudah menggunakan alat medis sejak revolusi industri dan semakin meningkat sejak revolusi industri 4.0 yang dapat dilihat dari data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2017, bahwa dari tahun 2015 hingga 2017 terjadi peningkatan jenis produksi jenis alat kesehatan dari 255 ke 541 jenis produk alkes termasuk teknologi. Akan tetapi, untuk proses deteksi dini penyakit THT selain di rumah sakit masih kurang praktis dan efisien, terutama di daerah-daerah jauh dari kota besar. Hal ini sebagian besar disebabkan karena tidak tersedianya alat untuk mendeteksi penyakit THT yang terbilang mahal. Maka dari itu dibutuhkanlah suatu metode yang mempermudah serta mempercepat proses deteksi dini penyakit THT, salah satunya adalah menerapkan Sistem Informasi Diagnosis Penyakit Telinga Berbasis Android yang akan dirancang oleh penulis. Penggunaan smartphone sudah ada di berbagai jenis kalangan masyarakat. Ini akan memudahkan dan mempercepat proses deteksi dini untuk penyakit THT. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode Extreme Programming. Pengujian pada aplikasi ini dilakukan dengan metode unit testing dan acceptance testing yang sesuai dengan jenis pengujian metode XP. Untuk testing skalabilitas digunakan metode System Usability Testing yang mendapat hasil sebesar 75,6% dengan kategori Good, mengindikasikan sistem ini memiliki kualitas yang baik untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sistem Informasi, Deteksi Dini, Penyakit THT, Android, Extreme Programming,
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:57
Last Modified: 12 Jun 2023 03:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39673

Actions (login required)

View Item View Item