ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO MATERI ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII-E DI SMP NEGERI 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2022/2023

ISMA, WATI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO MATERI ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII-E DI SMP NEGERI 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ISMAWATI_E1R018039_PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_ISMAWATI_E1R018039_PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf

Download (861kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase kemampuan pemecahan masalah siswa pada setiap tingkatan berdasarkan taksonomi SOLO dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan taksonomi SOLO materi aritmatika social pada siswa kelas VIII-E di SMP Negeri 1 Gunungsari. 2022/2023 . Jenis penelitian ini adalah penelitian campuran yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan teknik pemilihan subjek yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkatan siswa yang berada pada level prastruktural sebanyak 3,33%, level unistruktural 10%, level multistruktural 40%, level rasional 30% dan extended abstract 16,67%. Pada level prastruktural siswa sudah dapat menyebutkan beberapa informasi berupa apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan akan tetapi masih belum bisa semua permasalahan yang diberikan sama sekali. Pada level unistruktural siswa menyelesaikan masalah dengan mengaplikasikan informasi yang diketahui untuk menarik kesimpulan yang tepat tanpa harus melakukan operasi perhitungan. Pada level multistruktural siswa sudah mampu sudah cukup baik dalam memahami konsep aritmatika sosial dengan sederhana, serta sudah mampu mengidentifikasi soal dengan menguraikan apa yang diketahui dan ditanyakan, serta menyelesaikan masalah dengan mengaplikasikan dua penggal informasi yang diketahui serta menentukan informasi yang lain sehingga dapat menarik kesimpulan yang tepat. Pada level relasional siswa menyelesaikan masalah dengan menghubungkan informasi atau penyelesaian yang sebelumnya untuk diaplikasikan dengan informasi yang diketahui untuk dapat menarik kesimpulan. Pada level extended sudah mampu memecahkan semua permasahan yang diberikan dengan tepat dengan menambahkan informasi baru dan diaplikasikan dengan hasil sebelumnya untuk menarik kesimpulan yang tepat

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan pemecahan masalah, Taksonomi SOLO, Aritmatika Sosial.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:58
Last Modified: 12 Jun 2023 03:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39678

Actions (login required)

View Item View Item