PENDAPATAN PETANI KOPI ROBUSTA DI KESATUAN PENGELOLAAN HUTAN BRANG REA PUNCAK NGENGAS DESA MARENTE KECAMATAN ALAS KABUPATEN SUMBAWA

Dodi, Alfayed (2023) PENDAPATAN PETANI KOPI ROBUSTA DI KESATUAN PENGELOLAAN HUTAN BRANG REA PUNCAK NGENGAS DESA MARENTE KECAMATAN ALAS KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DODI ALFAYED (C1L016025) PENDAPATAN PETANI KOPI (ROBUSTA ) DI DALAM KAWASAN HUTAN KPH BRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Dodi Alfayed (C1L016025) Pendapatan Petani Kopi Robusta Di Dalam Kawasan Hutan Kesatuan Pe.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pendapatan petani dan faktor-faktor pendukung dan penghambat petani dalam budidaya kopi di Kesatuan Pengelolaan Hutan Brangrea Puncak Ngengas Desa Marente, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Insidental sampling. Hasil dari penelitian ini yaitu rata-rata pendapatan yang diperoleh pertahun oleh petani kopi di Desa Marente adalah sebesar Rp.19.260.619/Org/Thn. Faktor pendukung berkembangnya produksi kopi terdiri dari: (1) Faktor Produksi dimana adanya kemudahan dalam memperoleh bibit kopi, pemeliharaan dan perawatan kopi serta pelaksanaan pemanenan yang cukup mudah, dilakukan penyemprotan untuk penanganan hama dan penyakit. (2) Faktor Teknologi dimana adanya kemudahan dalam memperoleh alat yang dibutuhkan dalam pelaksanaan budidaya kopi seperti mesin kupas basah, mesin kupas kering, mesin roasting dan mesin sealer. (3) Faktor Pemasaran dimana pemasaran kopi sangat terbuka baik tradisional maupun berbagai media promosi digital dan juga terdapat tempat khusus memproduksi kopi hasil panen serta media transportasi pemasaran. Sedangkan faktor penghambat dalam berkembangnya produksi kopi terdiri dari: (1) Faktor Sumber Daya Manusia (SDM) dimana jumlah anggota yang dibutuhkan masih kurang dalam mengelola lahan yang ada serta kurangnya pengetahuan dan pemahaman petani kopi dalam pengelolaan kopi. (2) Faktor Kebijakan dimana belum adanya dukungan dari pemerintah Kabupaten Sumbawa dan belum adanya peraturan terkait pembagian hasil kopi. (3) Faktor Iklim dimana terjadinya penurunan hasil panen kopi yang disebakan oleh hujan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Budidaya Kopi; Faktor Pendukung dan Penghambat; Pendapatan Petani
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 05:09
Last Modified: 12 Jun 2023 05:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39689

Actions (login required)

View Item View Item