EVALUASI KARAKTER KUANTITATIF KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) LOKAL LOMBOK UTARA PADA TUMPANGSARI DENGAN BERBAGAI VARIETAS DAN JUMLAH TANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor L.) PER LUBANG

Nida, Yusrina (2023) EVALUASI KARAKTER KUANTITATIF KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) LOKAL LOMBOK UTARA PADA TUMPANGSARI DENGAN BERBAGAI VARIETAS DAN JUMLAH TANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor L.) PER LUBANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Nida Yusrina-C1M019101.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Nida Yusrina-C1M019101.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi karakter kuantitatif kacang tanah, heritabilitas, korelasi kacang tanah pada tumpangsari dengan berbagai varietas dan jumlah tanaman sorgum per lubang. Penelitian dilaksanakan di Dusun Papak, Desa Segara Katon, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara pada bulan Juni 2022 sampai September 2022. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Faktorial dengan dua faktor perlakuan yaitu varietas tanaman sorgum (Bioguma, Numbu, Pahat, Samurai, Super Agritan) dan jumlah tanaman sorgum per lubang (1, 2, dan 3 tanaman per lubang). Percobaan dilakukan dengan 15 kombinasi perlakuan dan diulang sebanyak 3 kali. Hasil penelitian menunjukkan varietas sorgum yang ditumpangsarikan dengan kacang tanah memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman dan jumlah daun kacang tanah pada 78 HST, jumlah polong, jumlah biji kacang tanah. Jumlah tanaman sorgum per lubang tidak berpengaruh terhadap semua parameter tanaman kacang tanah. Kombinasi perlakuan varietas sorgum dan jumlah tanaman sorgum per lubang memberikan pengaruh terhadap tinggi tanaman dan jumlah daun pada 78 HST, jumlah polong, jumlah biji kacang tanah. Nilai heritabilitas jumlah cabang, bobot brangkasan kering, polong hampa tergolong rendah. Nilai koefisien korelasi yang berpengaruh pada hasil (t/ha) kacang tanah yaitu jumlah polong, bobot brangkasan kering, bobot polong kering dan jumlah biji.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Karakter kuantitatif, kacang tanah, sorgum, tumpangsari
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 05:10
Last Modified: 12 Jun 2023 05:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39690

Actions (login required)

View Item View Item