ADAPTASI TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) VARIETAS RANGER RUSSET PADA KETINGGIAN TEMPAT DAN MUSIM TANAM YANG BERBEDA DI KECAMATAN SEMBALUN

Marzuka, yanti (2023) ADAPTASI TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) VARIETAS RANGER RUSSET PADA KETINGGIAN TEMPAT DAN MUSIM TANAM YANG BERBEDA DI KECAMATAN SEMBALUN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
CD SKRIPSI MARZUKA YANTI Jilid.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal zuka.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adaptasi tanaman kentang (Solanum tuberosum L.) varietas Ranger Russet pada ketinggian tempat dan musim tanam yang berbeda serta interaksinya di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan percobaan di lapangan. Penelitian dilaksanakan di Kecematan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, dilaksanakan pada bulan Maret sampai Agustus 2021. Rancangan percobaan dalam penelitin ini yaitu Rancangan Acak Kelompok Faktorial 2 (dua) faktor. Faktor pertama musim tanam (m) terdiri dari dua taraf yaitu musim hujan (m1) dan musim kemarau (m2). Faktor kedua ketinggian tempat (k) terdiri dari tiga taraf yaitu ketinggian 1.200 mdpl (k1), ketinggian 1.000 mdpl (k2), dan pada ketinggian 900 mdpl (k3). Berdasarkan hasil analisis ragam interaksi antara ketinggian tempat dan musim tanam memberikan pengaruh yang nyata pada parameter laju pertambahan tinggi tanaman, laju pertambahan jumlah anakan, berat setiap umbi dan presentase umbi besar dengan hasil tertinggi pada interaksi m1k2, dan parameter Jumlah umbi per tanaman, berat umbi per tanaman dan hasil per petak dengan nilai tertinggi pada interaksi m2k1 sedangkan pada parameter presentase umbi kecil nilai tertinggi pada interkasi m2k2.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): adaptasi, kentang Ranger Russet, musim dan lokasi
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:33
Last Modified: 12 Jun 2023 08:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39693

Actions (login required)

View Item View Item