PERBANDINGAN LAMA PERENDAMAN CAMPURAN ASPAL (AC-WC) DENGAN MEMAKAI AIR HUJAN DAN AIR LAUT TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL MENGGUNAKAN MATERIAL LOKAL PRINGGABAYA

MUHAMAD, SUKRON (2023) PERBANDINGAN LAMA PERENDAMAN CAMPURAN ASPAL (AC-WC) DENGAN MEMAKAI AIR HUJAN DAN AIR LAUT TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL MENGGUNAKAN MATERIAL LOKAL PRINGGABAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR_MUHAMAD SUKRON_F1A016111.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH_MUHAMAD SUKRON_F1A016111.pdf

Download (952kB) | Preview

Abstract

Prasarana transportasi jalan adalah salah satu elemen penting yang mendukung kegiatan ekonomi serta kegiatan-kegiatan di berbagai sektor. Oleh karena itu, perawatan dan perhatian khusus terhadap kondisi fisik jalan sangatlah penting, karena kerusakan pada permukaan jalan dan hal-hal sejenisnya memiliki implikasi yang signifikan terhadap keamanan pengguna jalan. Kerusakan pada struktur perkerasan jalan yang paling umum terjadi disebabkan oleh adanya genangan air akibat hujan, air laut, sistem drainase yang kurang optimal dan naiknya air melalui kapilaritas. Genangan air hujan yang membanjiri jalan dapat mengurangi daya ikat aspal pada perkerasan jalan. Perkerasan jalan yang terusmenerus terendam oleh air hujan dan air rob akan mengalami deformasi atau perubahan bentuk. Akibatnya, ketika dilalui oleh beban lalu lintas, deformasi tersebut akan semakin parah Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang ditimbulkan akibat perendaman aspal memakai air laut dan air hujan terhadap nilai struktural pada campuran AC-WC serta bagaimana perbandingan yang terjadi pada aspal akibat lama perendaman dengan memakai air laut dan air hujan terhadap karakteristik Marshall. Dari hasil perendaman tersebut akan dapat diperoleh nilai karakteristik Marshall berupa Stability Marshall, Flow, Marshall Quotient (MQ), Voids In Mix (VIM) dan Voids in Mineral Agregat (VMA). Setelah nilai – nilai diperoleh maka akan dibuat perbandingannya. Dari hasil perbandingan pada pengujian menggunakan alat Marshall Test di Laboratorium untuk campuran aspal (AC-WC) pen 60/70, nilai stabilitas Marshall yang dilakukan dengan rendaman menggunakan air hujan pada perendaman dua hari (48 jam) yaitu 1936.71 Kg dan hasil dari rendaman air laut sebesar 2512.94 Kg, sedangkan nilai kelelehan (Flow) dari rendaman air hujan sebesar 3.90 mm dan hasil dari rendaman air laut sebesar 3.37 mm. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpilkan bahwa pengaruh atau akibat lama perendaman pada air laut dapat mengurangi tingkat kekuatan dan kelelehan pada aspal (AC-WC) pen 60/70.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkerasan Aspal, Air Hujan dan Air Laut, AC-WC, Aspal Pen 60/70, Karakteristik Marshall.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:33
Last Modified: 12 Jun 2023 08:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39696

Actions (login required)

View Item View Item