PENGARUH APLIKASI BIOINSEKTISDA TERHADAP POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA ULAT GRAYAK (Spodoptera exigua Hbn) PADA TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

Fitri Wahyu, Ramdani (2023) PENGARUH APLIKASI BIOINSEKTISDA TERHADAP POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA ULAT GRAYAK (Spodoptera exigua Hbn) PADA TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Fitri Wahyu Ramdani_C1M018045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel_Ilmiah_Fitri Wahyu Ramdani_C1M018045.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bioinsektisida terhadap populasi dan intensitas serangan hama ulat grayak ulat pada tanaman bawang merah. Percobaan ini dilakukan di Desa Senteluk (Batu Layar-Lombok Barat), pada bulan September sampai November 2022, rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 6 perlakuan dan masing-masing diulang sebanyak 3 kali sehingga di peroleh 18 unit petak percobaan. Perlakuan dalam penelitian meliputi (P0= Kontrol, P1= Abacell 18 Ec, 3 ml/l, P2= BbBt, 18 gr/l, P3= BbBt,18 gr/l, P4MaBt, 18 gr/l,P5= Ma=Bt). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) yang selanjutnya diuji lanjut dengan menggunakan BNJ (Beda Nyata Jujur) pada taraf 5% apabila berbeda nyata. Hasil penelitian Kombinasi bioinsektisida Beauveria bassiana dan Bacillus thuringiensis berpengaruh dalam menekan populasi dan intensitas serangan hama ulat grayak (Spodoptera exigua Hbn.) secara signifikan pada tanaman bawang (Allium ascalonicum L.) serta terdapat korelasi positif antara populasi dan intensitas serangan hama ulat garayak (Spodoptera exigua Hbn) pada tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bawang Merah; Spodoptera exigua Hbn; B. bassiana; M. anisopliae; B. thuringiensis
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:33
Last Modified: 12 Jun 2023 08:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39705

Actions (login required)

View Item View Item