ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL SEROJA KARYA SUNARYONO BASUKI Ks

YULIATUSSHOLIHAH, RINA (2011) ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL SEROJA KARYA SUNARYONO BASUKI Ks. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PEMBAHASAN.rtf

Download (263kB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai struktur yang membangun novel Seroja dan bagaimana nilai-nilai pendidikan yang terdapat didalamnya. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur dan nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Seroja. Dalam mendeskripsikan struktur dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalam novel ini, digunakan beberapa langkah kerja, yaitu sebagai berikut: (1) metode pengumpulan data, yaitu observasi, studi pustaka dan pencatatan. (2) metode analisis data, dengan langkah-langkah sebagai berikut: memilih teks-teks dalam novel Seroja karya Sunaryono Basuki Ks yang menunjukkan struktur intrinsik dan nilai-nilai pendidikan yang ada didalamnya, mengidentifikasi unsur intrinsik dan nilai pendidikan dengan menggunakan teori struktural dan pragmatis, mengongkritkan dan mengonstruksikan unsur intrinsik yang terdiri atas tema, alur, setting, penokohan, dan sudut pandang serta nilai-nilai pendidikan yang terdapat di dalamnya, dan menguraikan data-data yang sudah ada sehingga menjadi suatu kebermaknaan yang utuh. Penelitian ini menyimpulkan: tema dari novel Seroja ini yaitu kegigihan dalam meraih kembali sebuah cinta yang berkarma. Latar/setting dalam novel yang lebih banyak mengambil setting di Bali dan juga menghadirkan latar tempat, ruang, waktu, suasana dan sosial budaya. Perwatakan dan penokohan dalam novel Seroja ini menggunakan metode showing atau dengan cara tidak langsung, meskipun dalam novel ini juga tetap menggunakan metode telling atau dengan cara langsung. Alur dalam novel Seroja ini jika dilihat berdasarkan kriteria kepadatan atau pengembangan dan perkembangan cerita menggunakan alur renggang (alur longgar). Sudut pandang dalam novel Seroja ini, pengarang menggunakan sudut pandang persona ketiga “Dia”. Nilai-nilai pendidikan yang dapat diambil dari novel Seroja ini adalah (1) bagaimana sesuatu hal bisa memberikan motivasi kepada tokoh-tokoh dalam cerita untuk dapat melanjutkan hidup yang lebih baik. (2) nilai kasih sayang yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya, saling menunjukkan perhatian dan ketulusan hati. (3) rasa tolong menolong dalam diri setiap tokoh cerita yang menyadari kalau sebenarnya mereka adalah mahluk sosial. (4) kehidupan yang menuntut para tokoh untuk saling pengertian, saling menghormati setiap masukan yang diberikan. (5) rasa keputusasaan para tokoh dalam cerita yang sebenarnya lebih bisa diperjuangkan lagi untuk mendapatkan kebahagiaan/tujuan yang baik tanpa harus terus berpasrah pada nasib.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): struktur yang membangun novel Seroja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 May 2018 01:49
Last Modified: 19 May 2018 01:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3971

Actions (login required)

View Item View Item