PENGARUH PERBEDAAN pH LARUTAN HARA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.) DALAM SISTEM HIDROPONIK Nutrient Film Technique (NFT)

M Sunanil, Huda (2023) PENGARUH PERBEDAAN pH LARUTAN HARA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.) DALAM SISTEM HIDROPONIK Nutrient Film Technique (NFT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI M SUNANIL HUDA .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL M SUNANIL HUDA .pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan pH larutan hara terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) yang dibudidayakan dalam sistem hidroponik Nutrient Film Technique (NFT). Percobaan telah dilaksanakan mulai dari bulan November 2022 sampai dengan bulan Maret 2023, di Unram Farming Desa Nyur Lembang, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan tiga perlakuan yaitu pH= 5, pH= 6,5 dan pH= 8 yang masing-masing diulang sebanyak sembilan kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan perbedaan pH menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy pada semua parameter pengamatan kecuali tinggi tanaman umur 6 dan 12 HST serta jumlah daun umur 6 HST. Pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy terbaik didapatkan dari perlakuan P2 (pH: 6,5), sedangkan pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy terburuk didapatkan dari perlakuan P3 (pH: 8).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pakcoy, Hidroponik, Nutrient Film Technique, pH
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:34
Last Modified: 12 Jun 2023 08:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39723

Actions (login required)

View Item View Item