REDESIGN ALAT PEMOTONG DEFECT PRODUCT BATA RINGAN DENGAN PRINSIP ERGONOMI DAN PENDEKATAN ANTHROPOMETRI PEKERJA (STUDI KASUS : PT. LOMBOK MULIA JAYA)

Gilang Ade, Putra (2023) REDESIGN ALAT PEMOTONG DEFECT PRODUCT BATA RINGAN DENGAN PRINSIP ERGONOMI DAN PENDEKATAN ANTHROPOMETRI PEKERJA (STUDI KASUS : PT. LOMBOK MULIA JAYA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR_GILANG ADE PUTRA_F1C017028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_GILANG ADE PUTRA_F1C017028.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ergonomi adalah ilmu penerapan teknologi untuk menyesuaikan fasilitas kerja dengan pekerja atau orang yang menggunakannya untuk bekerja sehingga mampu memenuhi kebutuhan pekerja agar lebih nyaman dalam bekerja maupun setelah bekerja sehingga memberikan dampak positif untuk hidup yang lebih baik. Pada penelitian ini yang dilakukan di PT. Lombok Mulia Jaya terdapat salah satu alat potong berupa mesin potong yang digunakan untuk memotong defect product bata ringan sehinga memiliki nilai jual kembali. Pada alat potong defect product bata ringan dilakukan perbaikan dengan menerapkan data antropometri pekerja pada desain kursi yang dibuat adjustable dan penambahan footrest serta perubahan posisi pedal switching. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan data antropometri pekerja pada redesain alat potong defect product bata ringan terhadap tingkat keluhan muskuloskeletal pekerja, tingkat kelelahan pekerja, beban kerja pekerja, dan produktivitas pekerja. Hasil dari penelitian menunjukan perbandingan antara penggunaan alat lama dan alat baru yang sudah didesain menggunakan data antropometri pekerja didapatkan hasil penurunan keluhan muskuloskeletal pada pekerja dengan ratarata persentase penurunan sebesar 49,34%, penurunan gejala kelelahan paada pekerja dengan rata-rata persentase penurunan sebesar 29,20%, penurunan nilai denyut nadi kerja dengan rata-rata persentase sebesar 8,9%, pada hasil %CVL pada alat lamadan alat baru tidak terjadi kelelahan menurut klasifikasinya namun terjadi penurunan dari %CVL alat lama sebesar 18,7% dan %CVL alat baru sebesar 9,9%. Peningkatan produktivitas pekerja dengan rata-rata selisih jumlah potongan saat menggunakan alat lama dengan alat baru sebesar 11,2 pcs/hari, peningkatan produktivitas total sebesar 0,06 pcs/jam.dpm. Pada analisa statistic menggunakan metode paired sample T-test menggunakan SPSS didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,002 menurut pedoman pengambilan keputusan dalam uji-T dapat disimpulkan terjadi peningkatan yang signifikan pada penggunaan alat baru

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ergonomi, Antropometri, Beban kerja, Produktivitas.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:34
Last Modified: 12 Jun 2023 08:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39728

Actions (login required)

View Item View Item