NILAI SOLIDARITAS SOSIAL DALAM TRADISI MBOLO WEKI PADA ADAT PERKAWINAN SUKU BIMA (MBOJO) DI DESA RABADOMPU KECAMATAN RABA KOTA BIMA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

NIA, JUMIATI (2023) NILAI SOLIDARITAS SOSIAL DALAM TRADISI MBOLO WEKI PADA ADAT PERKAWINAN SUKU BIMA (MBOJO) DI DESA RABADOMPU KECAMATAN RABA KOTA BIMA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI 2023 NIA JUMIATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Nia Jumiati 2023.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rangkaianproses kegiatan dalamtradisi mbolo wekipada adat perkawinan Suku Bima(Mbojo) di Desa Rabadompu Kecamatan Raba Kota Bima dan nilai solidaritas sosial dalam tradisi mbolo wekipada adat pernikahan Suku Bima(Mbojo) di Desa Rabadompu Kecamatan Raba Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode etnografi. Jenis data yang digunakan yaitu dataprimer dan data skunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi sebagai teknik pengecekan data dari berbagai sumber. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwakegiatan dalam tradisi mbolo wekimemiliki beberapa tahapan, yaitu tahap awal seperti musyawarah keluarga, membuat undangan dan menyebarkan, membuat makanan atau jajanan, dan mempersiapkan tempat acara, tahap pelaksanaan memberikan sumbangan, pembentukan panitia dan menginformasikan terkait uang sumbangan yang terkumpul, dan pelaksanaan pernikahan, tahap penutup pembacaan doa dan ucapan terima kasih. Tradisi mbolo wekipada adat perkawinan Suku Bima di Desa Rabadompu Kecamatan Raba Kota Bima memiliki nilai solidaritas sosial yang cukup tinggi yang berkaitan dengan solidaritas mekanik menurut Emile Durkheim yaitu: 1) tercipta dengan adanya kesadaran kolektif atau kesadaran bersama. 2) Taraf masyarakat yang masih sederhana. 3) Anggota masyarakat dapat menjalankan peran yang diperankan oleh masyarakat lain.4) Pembagian kerja yang belum berkembang. 5) Tingkat homogenitas individu yang sangat tinggi dengan ketergantungan antarindividu yang sangat rendah.Dalam tradisi mbolo wekinilai solidaritas sosialnya masih tinggi dengan cara mempertahankan dan tetap menjalankan tradisi-tradisi yang ada, baik itu tradisi mbolo wekidimana tradisi mbolo wekiini meiliki nilai solidaritas sosial yang cukup tinggi dengan bentuk kerja sama, persaudaraan, kekeluargaan dan perduli sosial, mayarakat Suku Bima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Adat perkawinan, NilaiSolidaritas sosial, Tradisi Mbolo weki.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Jun 2023 01:25
Last Modified: 13 Jun 2023 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39768

Actions (login required)

View Item View Item