PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

AGUS, SURYADIN (2023) PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis_Agus Suryadin_I2K020028_MAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
2486-4861-1-SM.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru penggerak mewujudkan tujuan pelaksanaan program pendidikan guru penggerak, yang meliputi cara guru penggerak mengembangkan diri dan guru lain, berperilaku sesuai kode etik, melaksanakan pembelajaran berpusat pada murid, berkolaborasi dengan orang tua mengembangkan sekolah, dan cara mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Lombok Tengah pada 6 sekolah yang memiliki guru penggerak angkatan 2. Dari hasil penelitian didapatkan: Cara guru penggerak dalam mengembangan diri dengan mengikuti diklat pemanfaatan google class room dan google side, diklat implementasi kurikulum merdeka, diklat pengajar praktik, Pendidikan Profesi Guru, webinar, dan workshop; Cara mengembangan guru lain dengan mengajarkan google class room dan google side, menjadi pengajar praktik guru penggerak, serta melakukan refleksi dan coaching; Cara berperilaku sesuai kode etik dengan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berfikir kritis, mandiri, gotong royong, kerja sama dengan elemen sekolah dan masyarakat, menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan menjadi anggota Persatuan Guru Republik Indonesia; Cara mengembangkan pembelajaran berpusat pada murid dengan mengembangkan Information Technology (IT), menyajikan pembelajaran beragam, menggunakan berbagai sumber belajar sesuai minat murid, dan pembelajaran dilakukan fleksibel; Cara berkolaborasi dengan orang tua mengembangkan sekolah dengan melibatkan komite dan wali murid; serta Cara mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dengan terlibat dalam menyusun, mengembangkan, dan menjabarkan visi sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah cara guru penggerak mencapai tujuan pelaksanaan program pendidikan guru penggerak dengan mengikuti diklat fungsional dan teknis, mengikuti kegiatan kolektif guru, melakukan refleksi dan coaching, menjadi fasilitator, melaksanakan kode etik guru Indonesia, menerapkan filosofi Ki Hajar Dewantara, mengembangkan Information Technology (IT) dan pembelajaran berdiferensiasi, berkomunikasi dan mengambil keputusan ix bersama, serta menyusun, mengembangkan, dan melaksanakan visi sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Guru Penggerak, Program Pendidikan Guru Penggerak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:43
Last Modified: 13 Jun 2023 07:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39817

Actions (login required)

View Item View Item