DOMINASI KETURUNAN BANGSAWAN PADA MASYARAKAT SASAK (STUDI KASUS KETURUNAN MENAQ DI DESA GAPURA KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH)

LALU MOH. FAKSI, MUKAJI T. (2023) DOMINASI KETURUNAN BANGSAWAN PADA MASYARAKAT SASAK (STUDI KASUS KETURUNAN MENAQ DI DESA GAPURA KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALU MOH. FAKSI MUKAJI T. NIM L1C016047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk dan interaksi dominasi keturunan bangsawan pada masyarakat sasak di Desa Gapura. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 7 (orang). Adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dominasi yang terjadi seperti dominasi sosial, budaya, ekonomi, dan simbolik pada masyarakat sasak masih diakui eksistensinya dan masih dihargai keberadaannya. Masyarakat sasak yang memiliki persepsi negative tentang menaq itu karna mereka merasakan hal yang kurang baik dari sosok menaq. Begitupun sebaliknya mereka yang memiliki persepsi positif tentang menaq karena ada hal yang baik yang berpengaruh dalam hidupnya ketika mereka hidup bermasyarakat dengan sosok atau keluarga menaq

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Dominasi, Kaum bangsawan, tingkatan sosial, Pujut.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:44
Last Modified: 13 Jun 2023 07:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39819

Actions (login required)

View Item View Item