EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI CACING NYALE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 7 MATARAM

ERDIANA, LARASATI (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI CACING NYALE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 7 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.ERDIANA LARASATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ERDIANA.pdf

Download (902kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul pembelajaran biologi cacing nyale dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA di SMA Negeri 7 Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 7 Mataram pada tahun ajaran 2022/2023. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yakni pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan uji gain ternormalisasi dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas X IPA 5 (kelas eksperimen) lebih tinggi dari pada kelas X IPA 4 (kelas kontrol) yaitu pada kelas X IPA 5 memiliki skor gain ternormalisasi sebesar 61% yang termasuk dalam kategori cukup efektif sedangkan kelas X IPA 4 memiliki skor gain ternormalisasi sebesar 40% yang termasuk dalam kategori kurang efektif. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-test menyatakan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.004 < 0.05, yang berarti terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan modul pembelajaran biologi cacing nyale efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA SMA Negeri 7 Mataram

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Efektivitas, Modul Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Jun 2023 23:36
Last Modified: 13 Jun 2023 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39836

Actions (login required)

View Item View Item