PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PERMINTAAN BUAH JERUK LOKAL DI KOTA MATARAM

Ni Kadek Mirah, Chintya Paramitha (2023) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PERMINTAAN BUAH JERUK LOKAL DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Ni Kadek Mirah Chintya Paramitha_Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Permintaan Buah Jeruk Lokal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
J_Ni Kadek Mirah Chintya Paramitha_Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Permintaan Buah Jeruk Lokal.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Buah jeruk menjadi salah satu sektor unggulan di Indonesia karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Di Kota Mataram sendiri, buah jeruk merupakan buah yang cukup digemari oleh sebagian besar masyarakat karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran secara simultan terhadap permintaan buah jeruk lokal di Kota Mataram. (2) Untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran secara parsial terhadap permintaan buah jeruk lokal di Kota Mataram. (3) Untuk mengetahui variabel bauran pemasaran yang paling dominan mempengaruhi permintaan buah jeruk lokal di Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dan pemilihan lokasi dengan metode purposive sampling yaitu Pasar Cakranegara, Pasar Pagesangan, Pasar Karang Lelede (Karang Jasi), Pasar Kebon Roek, Pasar Mandalika dan Arena Buah Cakranegara. Jumlah responden di dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 orang. Alat analisis yang digunakan yaitu Analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Hasil regresi linear secara simultan menunjukan bahwa faktor bauran pemasaran (harga, produk, promosi dan tempat) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap permintaan buah jeruk di Kota Mataram (2) Faktor harga berpengaruh secara nyata terhadap permintaan buah jeruk lokal di Kota Mataram; Faktor produk berpengaruh nyata terhadap permintaan buah jeruk lokal di Kota Mataram; Faktor promosi tidak berpengaruh nyata terhadap permintaan buah jeruk lokal di Kota Mataram; Faktor tempat berpengaruh nyata terhadap permintaan buah jeruk lokal di Kota Mataram. (3) Faktor harga memiliki pengaruh paling dominan dengan nilai Coefficients Standardized Beta yang paling menjauhi angka 0 yaitu sebesar -0,424

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bauran Pemasaran, Permintaan, Buah Jeruk
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Jun 2023 23:37
Last Modified: 13 Jun 2023 23:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39841

Actions (login required)

View Item View Item