Persepsi, Sikap dan Tindakan Petani terhadap Perubahan Iklim di Kabupaten Lombok Timur (Farmers, Perpections, Attitudes and Actions in Respond to Climate Change in East Lombok).

MUKTASAM, MUKTASAN (2022) Persepsi, Sikap dan Tindakan Petani terhadap Perubahan Iklim di Kabupaten Lombok Timur (Farmers, Perpections, Attitudes and Actions in Respond to Climate Change in East Lombok). In: Seminar Nasional Magister Lahan Kering, 20-21 Oktober 2022, Mataram.

[img]
Preview
Text
23. Seminar Nasional _Persepsi, Sikap dan Tindakan Petani _Muktasam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sektor pertanian pertanian masih menjadi sektor penting dalam perekonomian dan penghidupan masyarakat di Kabupaten Lombok Timur. Kontribusi sektor pertanian pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tahun 2020 masih relatif besar dibanding dengan sektor lainnya, yaitu 36,99%. Berbagai program dan kegiatan telah dilakukan dalam rangka mendukung petani, namun tidak semuanya dapat berjalan sebagaimana direncanakan, dan salah satu kendala dan tantangan yang dihadapi adalah perubahan iklim. Penelitian ini memberi fokus pada fenomena perubahan iklim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengetahuan, persepsi, dan sikap petani terhadap fenomena perubahan iklim, (2) fakta perubahan iklim yang dirasakan oleh petani, dan dampaknya terhadap kegiatan dan usahataninya, (3) tindakan adaptasi yang dilakukan petani dalam menghadapi situasi tersebut, dan efektifitasnya, (4) pihak-pihak yang membantu petani dalam tindakan adaptasinya, dan (5) peran penyuluh dalam mendukung petani menghadapi dampak buruk perubahan iklim. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah petani anggota kelompok tani yang mengelola usahatani tanaman pangan dan perkebunan di Desa Masbagik Selatan – Kecamatan Masbagik, dan nelayan yang mengelola usaha keramba jaring apung dan melakukan usaha penangkapan ikan di Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petani telah sadar dan mengetahui tentang telah terjadinya perubahan iklim melalui terjadinya perubahan beberapa variable iklim seperti jumlah hari hujan, curah hujan, perubahan arah angin, bergesernya pola musim dalam setahun – antara musim panas dan musim hujan, dan lainnya. Petani juga menyatakan bahwa mereka mengalami langsung semua perubahan tersebut, dan bahkan mengambil dan melakukan tindakan-tindakan adaptasi guna menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi agar aktifitas usahatani dan nelayan dapat berhasil dengan baik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tindakan adaptasi yang dilakukan petani terkadang berhasil dan terkadang gagal. Tidak banyak lembaga yang mendukung petani dalam hal mengatasi perubahan iklim dan melakukan tindakan adaptasi terhadap perubahan iklim, kecuali para petugas lapangan yang selama ini telah biasa membantu mereka dalam pengelolaan usahatani seperti BPP dan PPL. Atas dasar hasil penelitian ini disarankan agar parapihak dapat membantu petani secara serius dan sistematis menghadapi kondisi-kondisi yang tidak menentu karena perubahan iklim yang terjadi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Keywords (Kata Kunci): Pengetahuan, Sikap, Persepsi, Pertanian, Perubahan Iklim.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Dr. Ir. Hayati M. Hum
Date Deposited: 14 Jun 2023 23:23
Last Modified: 14 Jun 2023 23:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39905

Actions (login required)

View Item View Item