ANALISIS TREND VOLUME PENJUALAN BUAH SECARA E-COMMERCE DI KOTA MATARAM (STUDI KASUS TOKO PASAR MANDALIKA)

Reni, Diana (2023) ANALISIS TREND VOLUME PENJUALAN BUAH SECARA E-COMMERCE DI KOTA MATARAM (STUDI KASUS TOKO PASAR MANDALIKA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Reni Diana_ANALISIS TREND VOLUME PENJUALAN BUAH SECARA E-COMMERCE DI KOTA MATARAM (STUDI KASUS .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
J_Reni Diana_ANALISIS TREND VOLUME PENJUALAN BUAH SECARA E-COMMERCE DI KOTA MATARAM (STUDI KASUS .pdf

Download (572kB) | Preview

Abstract

E-commerce adalah suatu sistem atau paradigma baru dalam dunia bisnis, yang menggeser paradigm perdagangan tradisional menjadi electronic commerce yaitu dengan memanfaatkan teknologi internet. Pandemi COVID-19 lalu, mendorong perubahan dan kebiasaan baru bagi masyarakat Indonesia khusunya NTB dalam pemenuhan kebutuhan pokok. Dengan adanya e-commerce proses pelaksanaan transaksi tidak harus terjadi pertemuan diantara penjual dan pembeli karena dapat diakses secara mudah, murah dan tanpa batasan geografis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis trend volume penjualan buah dan mengetahui fluktuasi volume penjualan buah periode bulan Januari-Desember tahun 2022 secara e-commerce pada Toko Pasar Mandalika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Toko Pasar Mandalika yang berlokasi di Kelurahan Bertais, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram, Provinsi NTB. Responden dalam penelitian adalah manager Toko Pasar Mandalika. Jenis data dalam penelitian ini meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan studi kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan dalam pengolahan hasil penelitian ini yaitu analisis Double Eksponensial Smoothing dan ARIMA. Hasil analisis menunjukkan bahwa Volume penjualan buah secar e-commerce pada Toko Pasar Mandalika periode bulan Januari-Desember tahun 2022 mengalami peningkatan. Laju peningkatan trend volume penjualan buah pada kedua metode yaitu : buah pepaya sebesar y = 7,6933x + 2.511,5 dan y = 17,319x + 2427,4, buah semangka sebesar y = 164,74x + 4.564, dan y = 6,9149x + 5.662,5 , buah jeruk sebesar y = 4,4293x + 181,32 dan y = 1,5576x + 224,95, buah jambu kristal sebesar y = 12,95x + 3.295,7) dan y = 3,1485x + 3.360 dan buah melon sebesar y = 12,95x + 3.295,7 dan y = 3,1485x + 3.360. Pada periode bulan Januari-Desember tahun 2022 terjadi fluktuasi volume penjualan buah. Volume penjualan buah tertinggi terjadi pada bulan Maret dan bulan Desember serta volume penjualan buah terendah terjadi pada bulan Januari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Buah, Trend, Volume Penjualan, E-commerce, Toko Pasar Mandalika
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Jun 2023 23:48
Last Modified: 14 Jun 2023 23:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39939

Actions (login required)

View Item View Item