ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN PENDAPATAN USAHATANI TEMBAKAU DAN MELON DI KECAMATAN PRAYA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Nunung, Sumarni (2023) ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN PENDAPATAN USAHATANI TEMBAKAU DAN MELON DI KECAMATAN PRAYA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN PENDAPATAN USAHATANI TEMBAKAU DAN MELON (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
J_NUNUNG SUMARNI_ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN PENDAPATAN USAHATANI TEMBAKAU DAN MELON DI KECAM.pdf

Download (680kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk : (1) menganalisis perbandingan besarnya biaya dan pendapatan dalam usahatani tembakau dan melon di Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. (2) menganalisis efisiensi usahatani tembakau dan melon di Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. (3) mengidentifikasi hambatan yang dihadapi petani dalam menjalankan usahatani tembakau dan melon di Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Unit analisis adalah usahatani tembakau dan melon di Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Dipilih dua desa yaitu Desa Ganti dan Desa Semoyang sebagai desa sampel ditetapkan secara “Purposive Sampling” Penentuan jumlah responden dengan Quota Sampling yaitu 30 responden masing-masing sebanyak 15 orang dari Desa Ganti dan 15 orang dari Desa Semoyang. Penentuan responden dilakukan secara “Accidental Sampling” dengan 10 petani tembakau, 10 petani melon,10 petani tembakau dan melon. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Biaya rata-rata yang dikeluarkan dalam satu musim tanam yaitu usahatani tembakau sebesar Rp.29.236.727/ha, usahatani melon Rp.29.839.145/ha, usahatani tembakau dan melon Rp.51.056.516/ha. Sedangkan pendapatan rata-rata usahatani tembakau sebesar Rp.20.017.004/ha, usahatani melon sebesar Rp.31.594.188/ha, usahatani tembakau dan melon sebesar Rp.44.496.115/ha. (2) Nilai efisiensi yang didapatkan dari usahatani tembakau sebesar 1,75, melon sebesar 3,00, tembakau dan melon sebesar 3,00. Artinya ketiga usahatani tersebut layak untuk dikembangkan.(3) Hambatan usahatani tembakau dan melon di Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah yaitu adanya hama dan penyakit yang menyerang tanaman, petani mengalami kesulitan dalam memperoleh pupuk yang sesuai kebutuhannya serta kurangnya modal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Biaya, Efisiensi, Hambatan, Pendapatan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Jun 2023 10:30
Last Modified: 15 Jun 2023 10:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39971

Actions (login required)

View Item View Item