ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN MINUMAN STREET BOBA DI KOTA MATARAM

Lalu Riki Anugerah, Aulia Diningrat (2023) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN MINUMAN STREET BOBA DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Lalu Riki Anugerah Aulia Diningrat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Lalu Riki Anugerah Aulia Diningrat.pdf.docx.pdf

Download (792kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen Street Boba, (2) untuk menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen, (3) untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap Street Boba. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik konsumen pada kedai kopi Janji Jiwa mayoritas konsumen berdomisili di Kecamatan Cakranegara yang sebagian besar berusia 17-26 tahun berjenis kelamin perempuan dengan status perkawinan belum menikah, latar belakang pendidikan terakhir setara S1/Sarjana, berprofesi sebagai pegawai swasta dengan pendapatan perbulan sebesar Rp. 2.000.000-Rp. 3.000.000. (2) Konsumen termotivasi membeli minuman Street Boba karena sekedar ingin coba, dan menikmati produk karena rasanya enak. Konsumen mendapatkan informasi mengenai Street Boba dari sosial media, dan memutuskan memilih Street Boba karena kualitas pelayanan yang ramah dan sopan, selain itu Street Boba menyuguhkan tempat yang strategis. Konsumen melakukan kunjungan ke Street Boba secara dadakan, dengan hari yang tidak tentu dan frekuensi kunjungan sebanyak 1 kali dalam sebulan. Rata-rata pengeluaran konsumen untuk membeli produk Street Boba adalah sebesar Rp. 20.000-Rp. 30.000. Dengan begitu konsumen Street Boba merasa puas dan berminat untuk datang kembali. (3) Nilai Customer Satisfaction Index (CSI) minuman Street Boba sebesar 87,38 persen yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan konsumen sudah merasa sangat puas. Pihak Street Boba dapat terus meningkatkan kepuasan konsumen dengan cara meningkatkan dan memperbaiki kinerja atribut. Untuk menentukan prioritas perbaikan terhadap atribut dengan metode Importance Performance Index (IPA). Atribut yang perlu diperbaiki berada pada kuadran I yaitu harga terjangkau yang sesuai dengan porsi dan lokasi yang mudah dijangkau, selain itu perusahaan juga mampu mempertahankan dan meningkatkan atribut yang berada pada kuadran II pertahankan posisi yaitu sikap yang baik dalam pelayanan terhadap konsumen dan kemudahan dalam bertrabsaksi sebagai pilihan utama dalam perbaikan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kepuasan Pelanggan, CSI, IPA
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jun 2023 06:26
Last Modified: 18 Jun 2023 06:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39985

Actions (login required)

View Item View Item