PERANKONTAKTANIDALAMMENDUKUNG PENGEMBANGANSISTEMAGRIBISNIS HORTIKULTURADIKOTAMATARAM

ImamWirawan, Wicaksono (2023) PERANKONTAKTANIDALAMMENDUKUNG PENGEMBANGANSISTEMAGRIBISNIS HORTIKULTURADIKOTAMATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Imam Wirawan Wicaksono_PeranKontaktanidalamMendukungPengembanganSistemAgribisnisHortikulturadiKotaMataram_0623.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_IMAM WIRAWAN_PeranKontaktanidalamMendukungPengembanganSistemAgribisnisHortikultradiKotaMataram_0323.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengidentifikasi petani yang dianggap sebagai kontak tani yang dipilih oleh petani dalam sistem agribisnis hortikultura. (2) mengetahui peran yang dilakukan kontak tani dalam mendukung pengembangan sistem agribisnis hortikultura di Kota Mataram. (3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh kontak tani dalam pengembangan sistem agribisnis hortikultura di Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan teknik survey pengambilan data yang menggunakan quesioner dan wawancara. Unit analisis dalam penelitian ini adalah petani indivdu yang tergabung didalam kelompok tani di Kota Mataram. Penentuan lokasi penelitian ini diambil 3 kecamatan yaitu Sekarbela, Ampenan, dan Selaparang dengan pemilihan daerah penelitian ditentukan dengan cara purposive sampling. Penentuan responden dilakukan dengan purposive sampling menetapkan 10 kelompok tani dari 47 kelompok. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data yang digunakan yaitu model analisis data kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat 5 nama petani yang dianggap sebaga kontak tani. (2) peran kontak tani dalam mendukung pengembangan sistem agribisnis hortikultura di Kota Mataram terdapat pada kategori kurang berperan (3) Kendala-kendala yang dihadapi kontak tani dalam mendukung pengembangan sistem agribisnis hortikultura di Kota Mataram adalah kurangnya modal dan sulitnya mengajak petani bersosialisasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran, Kontak Tani, Sistem Agribisnis Hortikultura
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:03
Last Modified: 16 Jun 2023 03:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39989

Actions (login required)

View Item View Item