ANALISIS STRUKTUR, TINGKAH LAKU DAN PENAMPILAN PASAR AGROINDUSTRI BERBASIS UBI KAYU DI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

YULIA, APRIANTI (2023) ANALISIS STRUKTUR, TINGKAH LAKU DAN PENAMPILAN PASAR AGROINDUSTRI BERBASIS UBI KAYU DI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_YULIA APRIANTI_ANALISIS STRUKTUR, TINGKAH LAKU DAN PENAMPILAN PASAR AGROINDUSTRI BERBASIS UBI KAYU DI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT_0323.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
J_YULIA APRIANTI_ANALISIS STRUKTUR, TINGKAH LAKU DAN PENAMPILAN PASAR AGROINDUSTRI BERBASIS UBI KAYU DI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT_0323.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah : (1) Menganalisis Struktur pasar agroindustri berbasis ubi kayu di Kecamatan Gunungsari. (2) Menganalisis Tingkah laku pasar agroindustri berbasis ubi kayu di Kecamatan Gunungsari. (3) Menganalisis penampilan pasar agroindustri berbasis ubi kayu di Kecamatan Gunungsari. (4) Menganalisis hambatan-hambatan atau permasalahan yang dihadapi dalam pemasaran agroindustri berbasis ubi kayu di Kecamatan Gunungsari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitaf. Penelitian ini dilakukan di Desa Gunungsari yaitu di Kecamatan Gunungsari yang ditentukan dengan purposive sampling. Penentuan jumlah responden ditentukan dengan Quota Sampling yaitu sebanyak 20 pengusaha agroindustri berbasis ubi kayu. Selanjutnya pemilihan responden dilakukan dengan cara Accidental Sampling. Sedangkan Lembaga pemasaran ditentukan dengan metode Snow Ball Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Struktur Pasar pada Pemasaran agroindustri ubi kayu pada tingkat pedagang pengumpul mengarah pada pasar oligopsoni rendah ( konsentrasi rasio sebesar 43,06 %) dan untuk pedagang pengecer mengarah pada pasar oligopsoni rendah (konsentarsi rasio sebesar 2,57%) untuk produk keripik dan (konsentrasi rasio sebesar 28,19%) untuk produk tape. terdapat 2 lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran agroindustri ubi kayu yaitu lembaga pemasaran produk keripik dan tape, dalam pemasaran agroindustri ubi kayu (keripik dan tape) terdapat differensiasi produk dan terdapat hambatan keluar masuk pasar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Agroindustri Ubi Kayu, Struktur, Tingkah Laku dan Penampilan Pasar
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:00
Last Modified: 16 Jun 2023 07:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39990

Actions (login required)

View Item View Item