ANALISIS FAKTOR-FAKTOR SOSIAL EKONOMI YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN PUPUK UREA NON SUBSIDI PADA USAHATANI PADI DI KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Purnama, Suardi (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR SOSIAL EKONOMI YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN PUPUK UREA NON SUBSIDI PADA USAHATANI PADI DI KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_PURNAMA SUARDI_C1G018139 (fix).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL PURNAMA SUARDI.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk menganalisis sistim pembelian pupuk subsidi dan non subsidi oleh para petani di Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur; (2) Untuk menganalisis Faktor-faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi permintaan pupuk non subsidi oleh petani pada usahatani padi di Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan unit analisis dalam penelitian ini adalah usahatani padi yang ada di Kecamatan Montong Gading Kabupat8en Lombok Timur. Penentuan responden ditetapkan secara Quota Sampling sebanyak 32 orang dan penentuan jumlah responden menggunakan metode Proportional Random Sampling. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui sistim pembelian pupuk subsidi dan non subsidi adalah tabulasi berbentuk persentase. Alat analisis yang digunakan untuk mencari pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah analisis regresi linier berganda. Hasil peneltian yang diproleh yakni: (1) Sistim pembelian pupuk non subsbidi oleh petani di kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur Yaitu tempat untuk membeli pupuk non subsidi sebagian besar di toko/suplier yaitu sebanyak 32 responden dengan persentase sebesar 100%, model pembayaran Cast/Tunai sebanyak 32 responden dengan persentase 100%, dan jarak tempuh < 1 km sebanyak 20 responden dengan persentase sebesar 62,50% dan jarak > 1 km sebanyak 12 responden dengan persentase 37,50%; (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pupuk urea non subsidi di Kecamatan montong Gading Kabupaten Lombok Timur yaitu Variabel Total Pendapatan Usahatani (X1) dan harga pupuk urea non subsidi (X5) dinyatakan berpengaruh secara nyata terhadap jumlah permintaan pupuk non subsidi di Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Variabel, Regresi Linear Berganda, Pupuk
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:00
Last Modified: 16 Jun 2023 07:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39991

Actions (login required)

View Item View Item