PEMBUATAN SENSOR LABEL KESEGARAN BAHAN PANGAN BERBASIS IMOBILISASI EKSTRAK BUNGA DADAP MERAH (Erythrina crista galli L.) PADA MEMBRAN NATA DE COCO

AAN, ARISKA (2023) PEMBUATAN SENSOR LABEL KESEGARAN BAHAN PANGAN BERBASIS IMOBILISASI EKSTRAK BUNGA DADAP MERAH (Erythrina crista galli L.) PADA MEMBRAN NATA DE COCO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AAN ARISKA (G1C018001).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Artikel AAN ARISKA (G1C018001).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (273kB)

Abstract

Keamanan pangan merupakan faktor utama dalam kesehatan masyarakat, sehingga mengetahui kualitas bahan pangan sebelum dikonsumsi adalah hal yang penting. Sensor label dapat mengkomunikasikan langsung melalui membran perangkat yang menyediakan informasi visual melalui warna. Sensor label umumnya terdiri dari dua komponen utama yaitu indikator dan membran sebagai material pendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari ekstrak bunga dadap merah sebagai indikator pH dan membran nata de coco sebagai material pendukung dalam pembuatan sensor label, serta performansi sensor label dalam memonitoring kesegaran bahan pangan yaitu fillet ayam. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu preparasi, ekstraksi dan pembuatan membran, imobilisasi, dan karakterisasi. Karakterisasi ekstrak bunga dadap merah memiliki perubahan warna seiring perubahan pH, memiliki panjang gelombang maksimum berkisar 432-725 nm, serta memiliki nilai mean red dengan nilai korelasi negatif sebesar (r)-0,8762. Membran nata de coco memiliki ketebalan 0,054 mm, kuat tarik 140,27 MPa, elongasi 5,665 %, daya serap air 360 %, biodegradabilitas 100 % pada hari ke 7, analisis FTIR menunjukkan hanya perbedaan lebar puncak pada regangan O-H pada membran sesudah terimobilisasi ekstrak, memiliki perubahan warna seiring perubahan pH, memiliki rentang panjang gelombang 430-552 nm, serta nilai mean red dengan nilai korelasi negatif sebesar (r)-0,8510. Sensor label dapat memonitoring keseragaran fillet ayam terlihat dari perubahan warna sensor label seiring lama waktu penyimpanan fillet ayam, serta memiliki hubungan linearitas mendekati 1 dan repeatibilitas yang baik yaitu <5 % untuk kedua variasi suhu ruang dan chiller.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): keamanan pangan, sensor label, indikator pH, membran nata de coco.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:00
Last Modified: 16 Jun 2023 07:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39995

Actions (login required)

View Item View Item