PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-B SMPN 18 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ANDRIANI, ANI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-B SMPN 18 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
artikel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMPN 18 Mataram tahun pelajaran 2017/2018 pada pembelajaran materi persamaan garis lurus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model kooperatif tipe numbered heads together (NHT). Aktivitas dan prestasi belajar siswa diambil menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi yang diberikan pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I, II dan III dengan skor dan kategori aktivitas siswa berturut-turut adalah 13,81 (cukup tinggi), 16,64 (Tinggi), 19,49 (Tinggi). Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa rata-rata hasil evaluasi pada siklus I, II dan III berturut-turut adalah 67,33; 73,11; dan 76,15 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus 63%, 74% dan 85%. Dengan melihat hasil yang diperoleh dari siklus I, II, dan III, baik dari segi aktivitas belajar siswa maupun dari hasil belajar siswa bahwa terjadi peningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) pada pembelajaran materi persamaan garis lurus dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMPN 18 Mataram tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): aktivitas belajar siswa, prestasi belajar siswa, model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 May 2018 04:16
Last Modified: 19 May 2018 04:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4006

Actions (login required)

View Item View Item