ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR SISWA KELAS VIII SMPN 5 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MUNA, WARAH (2023) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR SISWA KELAS VIII SMPN 5 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FINAL WISUDA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan garis lurus berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari gaya berpikir siswa dan 2) faktor- faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan melibatkan 29 siswa kelas VIII D SMPN 5 Mataram sebagai subjek penelitian. Data jenis kesalahan dan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita persamaan garis lurus diperoleh melalui tes berbentuk soal cerita dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan masing- masing tipe gaya berpikir sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret, dan acak abstrak melakukan kesalahan yang bervariasi dari delapan jenis kesalahan yang ada pada kriteria Watson. Siswa dengan tipe gaya berpikir acak konkret melakukan kesalahan yang paling beragam dibandingkan dengan tipe gaya berpikir yang lain. Beberapa faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita persamaan garis lurus adalah penggunaan rumus yang salah, tidak menguasai konsep menentukan gradien dan persamaan garis lurus, kurangnya latihan soal, tidak teliti, penguasaan operasi aljabar yang lemah, tidak mampu memahami soal, kemampuan menulis matematis rendah, dan kurang mengusai materi prasyarat yaitu materi koordinat titik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): analisis kesalahan Watson, soal cerita, gaya berpikir.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:04
Last Modified: 19 Jun 2023 04:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40067

Actions (login required)

View Item View Item