ANALISIS IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SD PEDULI ANAK KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

MIFTAHUR, RAHMAH (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SD PEDULI ANAK KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MIFTAHURRAHMAH_E1E019207.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BUKU JURNAL MIFTAHURRAHMAH_E1E019207.pdf

Download (980kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi GLS pada tahap pembiasaan,pengembangan, dan pembelajaran di SD Peduli Anak serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat GLS di SD Peduli Anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta jenis penelitian deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi GLS di SD Peduli Anak pada tahap pembiasaan yang telah terlaksana dengan baik yaitu kegiatan membaca selama 15 menit telah dilakukan dengan menggunakan strategi membaca dalam hati dan membacakan nyaring, kegiatan ini dilakukan setiap hari, sudah terdapat perpustakaan sekolah, dan setiap kelas telah berisi bahan kaya teks. Implementasi GLS di SD Peduli Anak pada tahap pengembangan yang telah terlaksana dengan baik antara lain kegiatan membaca selama 15 menit telah dilakukan dengan membaca nyaring interaktif, membaca bersama, membaca terpandu, dan membaca mandiri yang diikuti dengan kegiatan menanggapi bacaan, terdapat buku- buku pengayaan berupa buku nonpelajaran yang bervariasi, serta adanya apresiasi terhadap capaian literasi siswa. Implementasi GLS di SD Peduli Anak pada tahap pembelajaran yang telah terlaksana dengan baik antara lain telah dilaksanakan kegiatan pembelajaran berbasis literasi seperti penggunaan strategi membaca yang bervariasi pada kegiatan pembelajaran seperti membaca nyaring, membaca terpandu, membaca bersama, membaca mandiri sesuai dengan kemampuan literasi siswa, dan terdapat kegiatan menanggapi bacaan didasarkan pada kemampuan literasi siswa, serta adanya penghargaan akademik yang memperhitungkan kemampuan literasi siswa. Faktor pendukung GLS antara lain pemahaman pendidik dan tenaga kependidikan tentang GLS, ketersediaan dana, sarana prasarana serta dukungan pemerintah. Faktor penghambat GLS yaitu rendahnya kemampuan dan motivasi baca peserta didik, kurangnya pemahaman pendidik dan tenaga kependidikan mengenai penggunaan buku pengayaan di beberapa mata pelajaran serta kurangnya dukungan keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gerakan literasi sekolah, SD Peduli Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jun 2023 05:45
Last Modified: 19 Jun 2023 05:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40083

Actions (login required)

View Item View Item