Pengembangan potensi buah lokal untuk mewujudkan kedaulatan pangan masyarakat NTB: Produksi dan konsumsi mangga berkelanjutan

Zainuri, Zainuri Pengembangan potensi buah lokal untuk mewujudkan kedaulatan pangan masyarakat NTB: Produksi dan konsumsi mangga berkelanjutan. In: Seminar Nasional dan call for paper Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img]
Preview
Text
c16. Pengembangan Potensi Buah Lokal_Prosiding Seminar UMMAT 2018 _1-9 Halaman Depan dan 267-270.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan potensi buah lokal Nusa Tenggara Barat (NTB) dan strategi-strategi yang perlu dan dapat ditempuh dalam memanfaatkan potensi tersebut untuk mewujudkan kedaulatan pangan masyarakat NTB. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode deskriptif untuk tujuan yang telah ditetapkan, dengan memanfaatkan sumber data primer hasil observasi langsung oleh peneliti dan sekunder dari berbagai sumber yang telah tersedia. Strategi mewujudkan kedaulatan pangan dikembangkan secara khusus dengan upaya memproduksi mangga secara berkelanjutan sehingga konsumsi mangga juga berkelanjutan dari waktu ke waktu. Hasil analisis menunjukkan bahwa untuk mewujudkan kedaulatan pangan melalui pengembangan potensi buah lokal NTB dapat dicapai melalui serangkaian usaha dan strategi yang dimulai sejak produksi, dilengkapi dengan berbagai kegiatan lanjutan hingga produk menjadi siap konsumsi. Ditunjukkan juga dalam tulisan ini bahwa teknologi produksi, pengolahan, dan pemasaran sangat penting untuk diterapkan, dan semuanya perlu diintegrasikan untuk mencapai hasil maksimal untuk mencapai kedaulatan pangan masyarakat NTB.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Keywords (Kata Kunci): :Buah lokal, Mangga, Pengolahan, kedaulatan pangan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Ir. Zainuri, M.App.Sc., Ph.D
Date Deposited: 19 Jun 2023 07:36
Last Modified: 19 Jun 2023 07:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40091

Actions (login required)

View Item View Item