OPTIMALISASI PARAMETER DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHINGMENGGUNAKAN METODE GOLDEN SECTION PADA PERAMALAN HARGA SAHAM PENUTUPAN PT. TELKOM INDONESIA (PERSERO)

HALAWATUN, TAJALLI (2023) OPTIMALISASI PARAMETER DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHINGMENGGUNAKAN METODE GOLDEN SECTION PADA PERAMALAN HARGA SAHAM PENUTUPAN PT. TELKOM INDONESIA (PERSERO). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi (HalawatunTajalli_G1D018032).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah' (Halawatun Tajalli).pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Peramalan merupakan suatu proses atau metode dalam meramal suatu peristiwa pada masa yang akan datang. Double Exponential Smoothing (DES) adalah satu model yang digunakan untuk meramalkan data runtun waktu yang memiliki data pola trend. Pada penelitian ini membandingkan DES Brown satu parameter dengan DES Holtdua parameter menggunakan metode golden section,meramalkan data harga saham periode Januari - Juni 2022. Data yang digunakan adalah data bulanan harga saham penutupan PT. Telkom Indonesia (Persero) periode Januari 2011 - Desember 2021.Metode Golden Section merupakan optimasiuntuk mencari nilai parameter yang meminimumkan fungsi MAPE (Mean Absolute Percentage Error). Hasil perhitungan nilai parameter optimumuntuk DES Brown dengan nilai MAPE sebesar dan untuk DES Holt dan dengan nilai MAPE sebesar . Berdasarkan hasil perbandingan nilai MAPE studi kelayakan menunjukkan kedua modelsangat akurat untuk peramalan.DES Holt terpilih sebagai model terbaik untuk peramalan berdasarkan nilai MAPE dan studi kelayakan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): DES Brown, DES Holt, Golden Section, Peramalan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jun 2023 08:36
Last Modified: 19 Jun 2023 08:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40098

Actions (login required)

View Item View Item