DIMAS ADI, PRATAMA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI PADA SISWA KELAS X DI SMAN 3 KOTA BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Dimas Adi Pratama_Pend. Biologi.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
Text
Artikel Dimas Adi Pratama_Pend. Biologi.pdf Download (563kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media crossword puzzle terhadap penguasaan konsep biologi pada siswa kelas X di SMAN 3 Kota Bima. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experimental dengan nonequivalent control group design (pre-test dan post-test). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari kelas X 1 sampai dengan X 4. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X 4 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5% berbantuan SPSS 25 for windows. Hasil uji-t didapatkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,347 > 2,010). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media crossword puzzle berpengaruh terhadap penguasaan konsep biologi pada siswa kelas X di SMAN 3 Kota Bima
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Media Crossword Puzzle, Penguasaan Konsep |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 08:36 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 08:36 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40100 |
Actions (login required)
View Item |