RITUAL NYERIBUDALAM UPACARA KEMATIAN PADA MASYARAKAT DESA TANAK AWU KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

ULFA LU’LUILMAKNUN, ULFA LU’LUILMAKNUN (2017) RITUAL NYERIBUDALAM UPACARA KEMATIAN PADA MASYARAKAT DESA TANAK AWU KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI...docx
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas VII-11 SMPN 7 Mataram, diketahui bahwa metode mengajar yang digunakan guru belum dapat mengaktifkan siswa secara penuh sehingga mengakibatkan motivasi dan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran inkuiri dengan metode problem solving yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi segitiga siswa kelas VII-11 SMP Negeri 7 Mataram tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan pembelajaran inkuiri dengan metode problem solving yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi tersebut. Penleitian ini bermanfaat bagi guru sebagai solusi bila memiliki masalah kuranganya motivasi dan hasil belajar pada siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII-11 SMPN 7 Mataram yang berjumlah 42 orang dengan 20 orang siswi dan 22 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan lima tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan skor motivasi belajar siswa 55,17 (tinggi) pada siklus I, meningkat menjadi 55,76 (tinggi) pada siklus II. Skor hasil belajar siswa juga meningkat dari rata-rata 75,02 dengan ketuntasan klasikal 71,43% pada siklus I meningkat menjadi rata-rata 86,95 dengan ketuntasan klasikal 88,10% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran inkuiri dengan metode problem solving dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dilakukan dengan cara a) guru membagikan kelompok diskusi, b) guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan sistematika pembelajaran terkait materi segitiga kepada siswa, c) guru menyajikan materi segitiga dengan bantuan LKS, d) siswa secara berkelompok mendiskusikan LKS, e) siswa mempresentasikan hasil diskusi, f) guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi, g) guru memberikan latihan soal tentang materi segitiga kepada siswa, h) guru dan siswa membahas soal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Inkuiri, Metode Problem Solving, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 May 2018 03:55
Last Modified: 21 May 2018 03:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4011

Actions (login required)

View Item View Item