PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA JALUR MANDIRI PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR STUDI KASUS DI SD NEGERI 40 AMPENAN DAN SMP NEGERI 7 MATARAM

BAIQ VINA, HANDAYANI (2023) PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA JALUR MANDIRI PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR STUDI KASUS DI SD NEGERI 40 AMPENAN DAN SMP NEGERI 7 MATARAM. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengungkapkan pelaksanaan kurikulum merdeka jalur mandiri pada jenjang pendidikan dasar di SDN 40 Ampenan dan SMPN Mataram. Pelaksanaan kurikulum merdeka teridiri dari perencanaan dan pelaksanaan. Tahapan perencanaan meliputi perancangan kurikulum operasional satuan pendidikan, penyusunan alur tujuan pembelajaran, perencanaan pembelajaran dan asesmen dan perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Adapaun tahapan pelaksanaan terdiri dari implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila, pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan pembelajaran yang sesuai dengan tahapan belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan memanfaatkan sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data dengan keterlibatan yang lama dengan responden, member checking dan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tahapan perencanaan implementasi IKM di SDN 40 Ampenan dan SMPn 7 Mataram mengacu pada contoh dokumen dari Kemendikbudristek dengan melakukan penyesuaian kecil pada KOSP, alur tujuan pembelajaran, modul ajar dan modul projek; 2) implementasi P5 di SDN 40 Ampenan dan SMPN 7 Mataram mengunakan tema yang lebih sedikit dari yang dianjurkan Kemendikbudristek dan projek tidak diawali dengan tahapan identifikasi lingkungan sekitar; 3) pembelajaran masih berfokus pada guru sebagai instrukutur yang mengarahkan 4) pembelajaran belum didasarkan pada hasil asesmen diagnostik di awal pembelajaran sehingga belum diterapkan diferensiasi pembelajaran secara optimal.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kurikulum merdeka, KOSP, Profil Pelajar Pancasila, Diferensiasi Pembelajaran, Berpusat Pada Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:30
Last Modified: 21 Jun 2023 06:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40144

Actions (login required)

View Item View Item