PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUE (SSI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK

BAIQ FITRI, RAHMAYANTI (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUE (SSI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis_Baiq Fitri Rahmayanti-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
Artikel _Baiq Fitri Rahmayanti.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Tantangan revolusi industri 4.0 harus memiliki keterampilan abad 21 yaitu empat keterampilan yang dikenal dengan 4C. Pengembangan keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis dan pemecahan masalah membutuhkan kemampuan literasi. Literasi sains peserta didik dapat disebabkan oleh, model pembelajaran yang digunakan guru, sarana dan prasarana pembelajaran, serta rendahnya motivasi belajar peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan adalah mengembangkan bahan ajar berbasis elektronik, yaitu e-modul berbasis socio-scientific issue dengan pendekatan pembelajaran yang mengangkat topik sains yang bersifat kontroversial, dilematis dan tidak terstruktur. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-modul IPA berbasis SSI untuk meningkatkan motivasi belajar dan literasi sains yang layak untuk digunakan ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini ialah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Instrumen untuk mengukur kelayakan adalah lembar validasi tiga validator ahli, yakni ahli media, ahli materi dan ahli bahasa, instrumen kepraktisan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan angket respon peserta didik, sedangkan untuk instrumen keekfetifan yaitu menggunakan tes literasi sains dan angket motivasi belajar yang diberikan di awal (pretest) dan di akhir (posttest) pembelajaran. Hasil analisis validasi RPP, emodul berbasis SSI, angket motivasi belajar dan tes literasi sains rata-rata memperoleh kategori sangat valid dengan skor 84, hasil analisis kepraktisan rata-rata memperoleh kategori sangat baik/sangat praktis dengan skor 78. Hasil analisis efektifitas peningkatan motivasi belajar cukup memuaskan dengan N-Gain “sedang” dan peningkatan literasi sains cukup memuaskan dengan NGain “sedang”. Kesimpulannya pengembangan e-modul IPA berbasis SSI sangat valid, sangat praktis dan cukup efektif untuk meningkatkan motivasi dan literasi sains peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Jun 2023 07:34
Last Modified: 22 Jun 2023 07:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40225

Actions (login required)

View Item View Item