STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA RUMAHAN ANEKA KERIPIK DI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

YUSRIL, FATHILLAH (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA RUMAHAN ANEKA KERIPIK DI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUSRIL FATHILLAH C1G116139 (Repaired) (Autosaved).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL YUSRIL FATHILLAH C1G116139.pdf

Download (506kB) | Preview

Abstract

Buah pisang, talas dan singkong oleh industri rumah tangga diproses menjadi keripik karena proses pembuatannya terbilang mudah. Apabila ditinjau dari aspek ekonomis usaha pembuatan keripik mempunyai prospek cerah untuk meningkatkan pendapatan, karena dengan harga yang sangat terjangkau konsumen bisa menikmati aneka keripik yang renyah, gurih, dan nikmat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pendapatan usaha rumahan aneka keripik di Kecamatan Narmada; (2) mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha rumahan aneka keripik di Kecamatan Narmada ; (3) Untuk merumuskan strategi pengembangan yang tepat untuk diterapkan pada usaha rumahan aneka keripik di Kecamatan Narmada. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pendapatan usaha rumahan aneka keripik berdasarkan jenis produk di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat, adalah: Rata – rata pendaptan keripik pisang per proses produksi Rp. 383.182,- rata - rata pendapatan per bulan Rp. 1.532.728,-; keripik talas rata – rata pendapatan per proses produksi Rp. 1.005.253,- rata – rata pendapatan per bulan Rp. 4.021.012,-; keripik singkong rata – rata pendapatan per proses produksi Rp. 342.837,- pendapatan rata – rata per bulan Rp. 1.371.347,- (2) Dua faktor internal dan faktor eksternal utama dalam pengembangan usaha rumahan aneka keripik adalah: 1) Faktor internal mencakup kekuatan dan kelemahan. Kekuatan meliputi: (1) harga jual produk terjangkau dengan nilai 0,436; (2) proses produksi mudah dilakukan dengan nilai 0,420;. Kelemahan meliputi: (1) produk tidak memiliki pelanggan tertentu dengan nilai 0,267; (2) teknologi produksi masih sederhana 0,204. 2) Faktor eksternal mencakup peluang dan ancaman. Peluang meliputi: (1) berkembangnya media promosi dengan nilai 0,508; (2) ketersediaan bahan baku banyak dengn nilai 0,460;. Ancaman meliputi: (1) permintaan dan prefrensi konsumen berubah - ubah 0,216; (2) produk mudah ditiru 0,204. (3) Alternatif strategi yang dipilih yaitu strategi S – O (Strengths – Opportunities). Mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy). Usaha pada posisi ini menghadapi pertumbuhan besar yang sangat cepat dan pangsa pasar yang besar. Usaha ini memerlukan investasi untuk mempertahankan bahkan menambah pelanggannya dan mengembangkan usaha menjadi lebih besar serta luas. 3 Adapun strategi S – O (Strengths – Opportunities); (1) Meningkatkan volume produksi untuk memanfaatkan peluang pasar yang cukup besar, (2) menghasilkan produk dengan kemasan menarik untuk menjangkau peluang pasar yang besar, (3) menggunakan teknologi produksi dengan tenaga kerja yang tersedia untuk menghasilkan produk yang menjadi trend masyarakat, (4) memanfaatkan perkembangan media promosi dengan mempromosikan produk mereka di platform sosial media untuk menjangkau peluang pasar yang besar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Usaha Rumahan, Keripik, Strategi, SWOT
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Jun 2023 10:58
Last Modified: 22 Jun 2023 10:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40228

Actions (login required)

View Item View Item