ANALISIS PENDAPATAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA AGROINDUSTRI KERUPUK KULIT DI KELURAHAN CAKRANEGARA SELATAN KOTA MATARAM

IWAN, SUPRIANTO (2023) ANALISIS PENDAPATAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA AGROINDUSTRI KERUPUK KULIT DI KELURAHAN CAKRANEGARA SELATAN KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi S_Iwan suprianto .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal S_Iwan suprianto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Berapa besar pendapatan yang diperoleh pengusaha agroindustri kerupuk kulit di Kelurahan Cakranegara Selatan Kota Mataram. (2) Berapa banyak tenaga kerja yang mampu diserap oleh agroindutri kerupuk kulit di Kelurahan Cakranegara Selatan Kota Mataram. (3) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh pengusaha agroindustri kerupuk kulit di Kelurahan Cakranegara Selatan Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif yang bertujuan pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang dengan cara mengumpulkan data. Adapun cara pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey berupa wawancara langsung. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Cakranegara Selatan yang merupakan sentra agroindusstri kerupuk kulit di Kota Mataram. Kelurahan Cakranegara Selatan terdiri atas sepuluh (10) lingkungan. Dua (2) lingkungan dipilih secara sengaja (purposive sampling) sebagai sampel daerah penelitian dengan pertimbangan memiliki unit usaha groindustry kerupuk kulit lebih banyak dibandingkan dengan delapan (8) lingkungan lain, yaitu Seganteng Subagan dan lingkungan Karang Gubuk Pande. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Rata-rata pendapatan yang diperoleh pengusaha Agroindustri Kerupuk Kulit di Kelurahan Cakranegara Selatan Kecamatan Cakranegara Kota Mataram adalah sebesar Rp. 2.88.210/proses produksi atau 18.305.680/ bulan. (2) Jumlah penyerapan tenaga kerja pada Agroindustri Kerupuk Kulit di Kelurahan Cakranegara Selatan Kecamatan Cakranegara Kota Mataram adalah sebesar 2.81 HKO per proses produksi atau 22.48 HKO per bulan. (3) Kendala 3 utama yang dihadapi oleh pengusaha ogroindustry kerupuk kulit di Kelurahan Cakranegara Selatan Kecamatan Cakranegara Kota Mataram adalah iklim/cuaca kurang baik dan kurangnya permintaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Jun 2023 23:53
Last Modified: 23 Jun 2023 23:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40255

Actions (login required)

View Item View Item