PROSES PERALIHAN HAK ATAS TANAH DI LOKASI TRANSMIGRASI TAMBAK SARI MENJADI HAK GUNA USAHA OLEH BADAN PERTANAHAN SUMBAWA BARAT

FATMA, ALMAQIAH (2023) PROSES PERALIHAN HAK ATAS TANAH DI LOKASI TRANSMIGRASI TAMBAK SARI MENJADI HAK GUNA USAHA OLEH BADAN PERTANAHAN SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_FATMA_ALMAQIAH_D1A019195[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL FATMA ALMAQIAH (D1A019195).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis proses peralihan Hak Atas Tanah di lokasi transmigrasi Tambak sari menjadi Hak Guna Usaha oleh Badan Pertanahan Sumbawa Barat, serta apa hambatan yang timbul dalam proses peralihan Hak Atas Tanah di lokasi transmigrasi Tambak Sari menjadi Hak Guna Usaha oleh Badan Pertanahan Sumbawa Barat serta solusi mengatasi hambatan tersebut. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini yaitu menggunakan jenis penelitian hukum empiris dengan metode pendekatan peraturan perundang-undangan (statute approach), metode pendekatan konseptual (conseptual approach) dan metode pendekatan sosiologis. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa Sertifikat untuk Hak Guna Usaha dengan pemegang Hak Atas Tanah yaitu PT. Sekar Abadi Jaya ini diagunkan di Bank untuk modal usaha. Namun, kegiatan tersebut berhenti disebabkan mengalami kredit macet. Sehingga, Sertifikat Hak Guna Usaha tersebut dilelang, serta dalam proses peralihan kepemilikan Hak Guna Usaha di lokasi transmigrasi Tambak Sari oleh Badan Pertanahan Sumbawa Barat terdapat faktor penghambat, yaitu Masyarakat Tambak Sari menganggap bahwa tanah yang dijadikan lahan usaha tambak udang tersebut milik warga transmigrasi. Upaya yang telah dilakukan oleh Badan Pertanahan Sumbawa Barat yaitu dengan dilakukannya mediasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): hak atas tanah, peralihan hak atas tanah, hak guna usaha
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Jun 2023 23:53
Last Modified: 23 Jun 2023 23:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40262

Actions (login required)

View Item View Item