HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KEPUTIHAN DAN PERILAKU PENCEGAHAN DENGAN GEJALA KEPUTIHAN PADA SISWI KELAS XII SMAN 2 SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Eriska, Hidayati (2023) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KEPUTIHAN DAN PERILAKU PENCEGAHAN DENGAN GEJALA KEPUTIHAN PADA SISWI KELAS XII SMAN 2 SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
naskah publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img]
Preview
Text
KARYA TULIS ILMIAH eriska acc.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latarbelakang: Di Indonesia sekitar 90% wanita berpotensi mengalami keputihan karena negara Indonesia adalah daerah yang beriklim tropis, sehingga jamur mudah berkembang dan menyebabkan keputihan. Keputihan pada remaja dapat disebabkan salah satunya perilaku pencegahan keputihan yang kurang baik. Pengetahuan adalah salah satu faktor terbentuknya perilaku pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan tingkat pengetahuan tentang keputihan dengan perilaku pencegahan keputihan pada remaja putri di SMAN 2 Selong Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional, menggunakan tekhnik purposive sampling dengan sampel sebanyak 75 orang. Pengambilan data menggunakan kuisioner dan di analisis data menggunakan uji chisqare. Hasil: Didapatkan tingkat pengetahuan dan perilaku pencegahan keputihan siswi SMAN 2 Selong cukup baik dengan skor masing-masing pengetahuan 64% dan 100%, tetapi sebagian besar mengalami gejala keputihan yang abnormal yaitu sebanyak 43 orang (57,3%) sisanya mengalami keputihan yang normal. Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan yang signifikan dengan kekuatan kuat antara tingkat pengetahuan tentang keputihan dengan gejala keputihan pada remaja putri di SMAN 2 Selong (p=0,003). Demikian pula pada hubungan perilaku pencegahan dengan gejala keputihan (p=0,002) Kesimpulan: Pengetahuan dan pencegahan tentang keputihan siswi sudah baik namun faktanya masih banyak siswi yang mengalami gejala keputihan patologis. Diperlukan kerjasama antara sektor kesehatan dengan sektor pendidikan dalam hal edukasi kesehatan reproduksiremaja terutama tentang keputihan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): keputihan, pengetahuan, pencegahan, perilaku, remaja putri.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:20
Last Modified: 26 Jun 2023 03:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40304

Actions (login required)

View Item View Item