HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN GANGGUAN SIKLUS MENSTRUASI SANTRI PUTRI DI MADRASAH ALIYAH PUTRI PONPES DARUL MUHAJIRIN PRAYA PUBLIKASI ILMIAH

Noer Aulya Amy, Aprilia (2023) HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN GANGGUAN SIKLUS MENSTRUASI SANTRI PUTRI DI MADRASAH ALIYAH PUTRI PONPES DARUL MUHAJIRIN PRAYA PUBLIKASI ILMIAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Naskah Publikasi Amy.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KTI- Amy Aprilia (H1A017063).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Gangguan menstruasi merupakan masalah yang sering dialami oleh remaja dan mempengaruhi kualitas hidup aktivitas sehari hari. Status gizi merupakan salah satu penyebab terjadinya gangguan menstruasi. Penelitian sebelumnya menunjukkan kekurangan atau kelebihan gizi pada seorang wanita beresiko pada penurunan fungsi hipotalamus yang dapat menyebabkan produksi LH (Luteinising Hormon) dan FSH (Follicle Stimulating Hormone) terganggu sehingga menstruasi terganggu. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis hubungan status gizi dengan gangguan siklus menstruasi santri putri di Madrasah Aliyah Putri Ponpes Darul Muhajirin Praya. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan rancangan studi cross-sectional. Dalam studi cross-sectional, variabel independen atau faktor risiko dan tergantung (efek) dinilai secara simultan pada satu saat; Sehingga tidak ada follow-up pada studi cross-sectional, dengan studi cross-sectional diperoleh prevalensi penyakit dalam populasi pada suatu saat. Hasil : Sebagian besar siswi di Madrasah Aliyah Putri Ponpes Darul Muhajirin Praya memiliki status gizi normal 66,7%, kurus 23,9% dan gemuk 9,5%, Dari 105 responden yang diteliti, siswi di Madrasah Aliyah Putri Ponpes Darul Muhajirin Praya mengalami usia menarke normal (93,3%) dan selama 3 bulan terakhir memiliki siklus menstruasi yang teratur (83,8%) dan normal (44,8%), durasi menstruasi normal (77,1%), jumlah perdarahan menstruasi normal (84,4%), dan mengalami nyeri pelvis saat menstruasi (83,8%) dengan derajat nyeri sedang (47,6%), Berdasarkan hasil uji chi-square, didapatkan nilai viii signifikansi (p) sebesar 0,038 (p<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara status gizi dengan siklus menstruasi. Kesimpulan:Terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi terhadap gangguan siklus menstruasi pada Madrasah Aliyah Putri Ponpes Darul Muhajirin Praya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Menstruasi, Siklus menstruasi, Gangguan menstruasi, status gizi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:20
Last Modified: 26 Jun 2023 03:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40306

Actions (login required)

View Item View Item