HUBUNGAN TINGKAT STRES KERJA PADA PERAWAT DENGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DI BANGSAL RAWAT INAP RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM

Ni Wayan, Dewi (2023) HUBUNGAN TINGKAT STRES KERJA PADA PERAWAT DENGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DI BANGSAL RAWAT INAP RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Karya Tulis Ilmiah_ Ni Wayan Dewi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Naskah Publikasi FK_Ni Wayan Dewi.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Stres kerja adalah suatu kondisi ketika stres kerja secara sendiri atau bersama faktor lain saling berinteraksi dengan karakteristik individu yang menghasilkan gangguan keseimbangan fisiologis dan psikologis. Pekerjaan seorang perawat dalam memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif merupakan pekerjaan yang mempunyai tingkat stres yang tinggi, karena dalam menjalankan pekerjaannya seorang perawat berhubungan secara langsung dengan berbagai karakteristik pasien dengan keluhan dan diagnosa penyakit yang berbeda-beda. Stres kerja pada perawat sangat perlu diperhatikan, karena apabila seorang perawat mengalami stres kerja yang berat akan berdampak pada kualitas pelayanan dan akhirnya akan mendatangkan keluhan dari pasien sehingga dapat menimbulkan ketidakpuasan pasien terhadap layanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres kerja pada perawat dengan kualitas pelayanan keperawatan di bangsal rawat inap Rumah Sakit Universitas Mataram. Metode: Penelitian ini menggunakan metode analitik cross sectional dengan populasi pasien rawat inap dan perawat yang bekerja di bangsal rawat inap Rumah Sakit Universitas Mataram.Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling yang memenuhi kriteria inklusi.Responden akan diberikan kuesioner untuk mengisi kuesioner Expanded Nursing Stres Scale (ENSS) dan Kualitas layanan. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik Spearman untuk menilai hubungan tingkat stress kerja perawat dengan kualitas pelayanan keperawatan di bangsal rawat inap Rumah Sakit Universitas Mataram. Hasil: Sebanyak 47 responden terpilih berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi yang ditetapkan yaitu 24 responden perawat dan 23 responden pasien rawat inap didapatkan tingkat stress kerja perawat berada pada kategori sedang (70,8%), dan kualitas pelayanan keperawatan berada pada kategori baik. Hasil analisis uji bivariat dengan metode spearman terhadap hubungan antara tingkat stres kerja perawat dengan kualitas pelayanan berdasarkan lima dimensi yaitu kehandalan didapatkan tidak ada hubungan bermakna (p value 0.234), daya tanggap tidak ada hubungan bermakna (p value 0.175), jaminan tidak ada hubungan bermakna (p value 0.928), empati tidak ada hubungan bermakna (p value 0.928) dan bukti fisik tidak ada hubungan bermakna (p value 0.928). Simpulan: Tidak Ada hubungan antara tingkat stress kerja perawat dengan kualitas pelayanan keperawatan di bangsal rawat inap Rumah Sakit Universitas Mataram (p>0.05)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Stres kerja, Kualitas pelayanan, Perawat
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jun 2023 10:15
Last Modified: 26 Jun 2023 10:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40320

Actions (login required)

View Item View Item