ANALISIS PELAKSANAAN FUNGSI DAN TUGAS POKOK GURU SEKOLAH DASAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBELAJARAN PADA MASA COVID-19 DI GUGUS V (LIMA) KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2021

HASAN, MAHMUD (2023) ANALISIS PELAKSANAAN FUNGSI DAN TUGAS POKOK GURU SEKOLAH DASAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBELAJARAN PADA MASA COVID-19 DI GUGUS V (LIMA) KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2021. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS_HASAN MAHMUD.OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK TESIS_HASAN MAHMUD (I2K020029) pdf.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Mendeskripsikan Pelaksanaan Fungsi Guru Sekolah Dasar; Mendeskripsikan Pelaksanaan Tugas Pokok Guru Sekolah Dasar; dan Mendeskripsikan Dampak pelaksanaan fungsi dan tugas pokok guru Sekolah Dasar terhadap pembelajaran di Sekolah Dasar Gugus V (Lima) Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data diambil menggunakan teknik triangulasi data yang bersumber dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan fungsi dan tugas pokok guru Sekolah Dasar dan dampaknya terhadap pembelajaran dimasa pandemi mulai dari perencanaan; pelaksanaa pembelajaran oleh guru; dan sampai pada pengalaman belajar yang di alami siswa, tidak dapat berjalan dengan efektif dan maksimal hal ini dikarenakan banyak timbul kesulitan-kesulitan seperti berubahnya iklim pembelajaran selama pandemi guru tidak melakukan adaptasi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), kegiatan pembelajaran hanya berlangsung selama 35 menit efektif saat BDR dari 145 menit jam pelajaran/hari, guru menggunakan metode yang monoton sehingga siswa menjadi bosan yang tentunya mengakibatkan hasil belajar siswa selama pandemi mengalami penurunan, dan telah terjadi learning loss yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihak mulai dari kepala sekolah, guru, orang tua, serta dinas pendidikan setempat.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Fungsi guru, Tugas Pokok Guru, Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jun 2023 10:15
Last Modified: 26 Jun 2023 10:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40325

Actions (login required)

View Item View Item