GAMBARAN TINGKAT KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA SISWA PENYANDANG TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA YAYASAN PANTI ASUHAN SELAGALAS KOTA MATARAM

Uliana Listianingrum, Pratiwi (2023) GAMBARAN TINGKAT KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA SISWA PENYANDANG TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA YAYASAN PANTI ASUHAN SELAGALAS KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI ULIANA LISTIANINGRUM PRATIWI DONE(2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI Uliana Listianingrum Pratiwi .pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Tunanetra adalah kondisi keterbatasan fisik yang terjadi pada organ mata yang sering ditemukan di Asia Tenggara termasuk Indonesia dengan prevalensi 0,9% menempati urutan ke 3 se-Asia tenggara. Tunanetra tidak hanya mempengaruhi keterbatasan fisik tetapi juga kesejahteraan psikologis para penderitanya terutama dalam proses belajar serta aktifitas sehari-hari yang berhubungan dengan masyarakat. Tunanetra cenderung memiliki kesejahteraan psikologis yang buruk akibat diskriminasi sosial. Pemerintah sendiri menyediakan wadah pendidikan berupa Sekolah Luar Biasa (SLB) sebagai salah satu solusi perkembangan kognitif, motorik, serta psikologis mereka. Tujuan Penelitian Ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kesejahteraan psikologis anak tunanetra SLB yayasan Panti Asuhan Selagalas Kota Mataram. Metode : Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan deskriftif kuantitatif. Responden pada penelitian ini adalah 30 siswa SLB yayasan panti Asuhan Selagalas Kota Mataram yang dipilih dengan teknik Total Sampling. Data diperoleh dari kuisioner yang dibacakan dijawab langsung oleh responden. Pengolahan data menggunakan bantuan SPSS dengan metode deskriftif kuantitatif untuk mengetahui Gambaran Tingkat Kesejahteraan psikologis anak tunanetra berdasarkan aspek kesehatan fisik, psikologis, hubungan sosial dan lingkungan sekolah. Hasil : Berdasarkan analisis data dari 30 responden didapatkan, 17 Responden memiliki kesejahteraan psikologis baik berdasarkan aspek Lingkungan Sekolah (56,7%), 4 responden untuk aspek kesehatan fisik (13,3%), 5 reponden untuk aspek psikologis, dan 3 responden untuk aspek hubungan sosial (10%).Tingkat Kesejahteraan Psikologis berdasarkan aspek lingkungan sekolah mayoritas termasuk kategori baik, sedangkan pada aspek kesehatan fisik ,psikologis, dan hubungan sosial mayoritas masuk kedalam kategori buruk. Gambaran umum tingkat kesejahteraan psikologis responden di SLB yayasan panti Asuhan Selagalas Kota Mataram menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraan psikologis buruk cenderung lebih banyak. Simpulan : Berdasarkan ke empat Aspek yang diteliti, tingkat kesejahteraan psikologis siswa tunanetra SLB Selagalas ditinjau dari aspek kondisi lingkungan sekolah sebagian besar masih dalam kategori baik, walaupun untuk aspek lain seperti kondisi fisik,psikologis dan hubungan sosial masih kurang baik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesejahteraan Psikologis, Tunanetra, Disabilitas fisik, Sekolah Luar Biasa.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jun 2023 10:15
Last Modified: 26 Jun 2023 10:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40326

Actions (login required)

View Item View Item