STATUS PENGLIHATAN WARNA PADA PENDERITA RETINOPATI DIABETIK YANG BERKUNJUNG KE POLIKLINIK MATA RSUD PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Raisa, Astasia (2023) STATUS PENGLIHATAN WARNA PADA PENDERITA RETINOPATI DIABETIK YANG BERKUNJUNG KE POLIKLINIK MATA RSUD PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI RAISA ASTASIA_H1A018083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
PUBLIKASI KTI RAISA ASTASIA_H1A018083.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (287kB)

Abstract

Latar Belakang: Retinopati diabetik merupakan gangguan mikrovaskuler yang terjadi karena efek jangka panjang diabetes melitus yang menyebabkan kerusakan penglihatan pada retina. Gangguan penglihatan dan diskriminasi warna dapat terjadi bersamaan dengan retinopati diabetik. Tingkat keparahan gangguan penglihatan dan diskriminasi warna dapat meningkat seiring dengan tidak terkontrolnya glikemik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status penglihatan warna penderita retinopati diabetik di RSUD Provinsi NTB. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian desktiptif dengan desain potong lintang menggunakan data primer berupa pemeriksaan buta warna dengan buku Ishihara 14 plate dan data sekunder dengan menggunakan data rekam medik. Hasil: Terdapat 22 pasien dengan retinopati diabetik di Poliklinik Mata RSUD Provinsi NTB pada periode Februari 2023 sebagian besar adalah perempuan (63,6%), usia 46-66 tahun (50%), pada PDR lebih banyak mengalami buta warna, NPDR lebih banyak tidak buta warna (p>0,05). Kesimpulan: Penderita retinopati diabetik sebagian besar datang pada fase lanjut yaitu retinopati diabetik proliferatif dan telah mengalami buta warna.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Retinopati Diabetik, Klasifikasi Retinopati Diabetik, Buta warna
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jun 2023 10:16
Last Modified: 26 Jun 2023 10:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40329

Actions (login required)

View Item View Item