MANAJEMEN MUTU TERHADAP LAYANAN PENDIDIKAN DASAR DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

DINI, NURMAHARANI (2023) MANAJEMEN MUTU TERHADAP LAYANAN PENDIDIKAN DASAR DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS Final Dini N 2023 new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi mutu layanan pendidikan dasar di dua Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Lombok Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah SDN 3 Pancor dan SDN 4 Batuyang. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara interview/wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data menurut Miles, Huberman dan Saldana. Kegiatan analisis data meliputi tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas, Wakil Kurikulum, Wakil Sarana Prasarana, Wakil TIK, dan pengelola anggaran (Bendahara). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan antara kedua sekolah disusun sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah. SDN 3 Pancor telah melakukan pengembangan kurikulum, sarana prasarana tercukupi, serta kualitas SDM sekolah, pengembangan jaringan teknologi dan pengembangan pembelajaran berbasis teknologi telah sesuai kebutuhan dalam perencanaan. Sedangkan SDN 4 Batuyang belum sesuai; (2) Pengorganisasian antara kedua sekolah dilakukan dengan tahapan yang sama; (3) Pelaksanaan disesuaikan dengan perencanaan dalam manajemen. Akan tetapi ada beberapa perbedaan yang dilakukan antara SDN 3 Pancor dengan SDN 4 Batuyang yaitu sosialisasi, dan integrasi teknologi pada manajemen hanya dilakukan oleh SDN 3 Pancor; (4) Evaluasi lebih sering dilakukan oleh SDN 3 Pancor dari pada SDN 4 Batuyang. SDN 3 Pancor melakukan evaluasi minimal 3 kali dalam satu tahun ajaran, sedangkan SDN 4 Batuyang melakukan evaluasi minimal 2 kali dalam satu tahun ajaran. Evaluasi dilakukan terhadap lulusan, penilaian akademik dan non akademik, prestasi sekolah, raport pendidikan, dan tingkat akreditasi sekolah. Kesimpulan menunjukkan bahwa SDN 3 Pancor telah melaksanakan tahapan manajemen mutu sesuai dengan kriteria mutu dalam Standar Nasional Pendidikan Republik Indonesia. Sedangkan SDN 4 Batuyang belum melaksanakan manajemen mutu sesuai dengan kriteria mutu dalam Standar Nasional Pendidikan Republik Indonesia.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Manajemen Mutu, Layanan Pendidikan Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:03
Last Modified: 27 Jun 2023 04:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40341

Actions (login required)

View Item View Item