Analisis Margin Pemasaran Agroindustri Beras di Kota Mataram

Wuryantoro, Wuryantoro and Candra, Ayu (2021) Analisis Margin Pemasaran Agroindustri Beras di Kota Mataram. Agrimansion, 22 (1). pp. 39-48. ISSN 1411-8262

[img]
Preview
Text
507-Article Text-654-1-10-20210411.pdf

Download (252kB) | Preview
Official URL: http://agrimansion.unram.ac.id/index.php/Agri/arti...

Abstract

ota Mataram sebagai ibukota provinsi sekaligus pusat ekonomi, budaya dan jasa memiliki tingkat konsumsi akan bahan pangan terutama beras sangat tinggi. Hal ini karena kepadatan penduduk di Kota Mataram yang tinggi. Di Kota Mataram, aliran produksi beras mulai dari produsen hingga sampai ke konsumen membentuk saluran pemasaran. Dengan membuat pemetaan saluran beras yang terdapat di Kota Mataram dapat diketahui hubungan antara masing-masing lembaga pemasaran yang terlibat dan margin pemasaran yang tercipta. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis margin dan efisiensi pemasaran yang diperoleh oleh setiap lembaga pemasaran dalam agroindustri beras di Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan pengumpulan data dengan teknik survei dengan mewawancarai responden yang terdiri petani (pedagang gabah), pedagang di tingkat penggilingan (Rice Milling Unit), pedagang besar, dan pedagang pengecer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa margin dan keuntungan pemasaran yang terbesar dari proses distribusi beras, terdapat pada pedagang di tingkat penggilingan, sedangkan yang terkecil terdapat pada pedagang pengecer, serta proses jalur distribusi atau saluran pemasaran beras diKota Maram telah efisien. Mataram City as the provincial capital as well as the center of economy, culture and services has a very high level of consumption of food, especially rice. This is due to the high population density in Mataram City. In Mataram City, the flow of rice production from producers to consumers forms a marketing channel. By mapping the rice channels in the city of Mataram, the relationship between each marketing agency involved and the marketing margins created can be seen. The purpose of this study was to analyze the marketing margins and efficiency obtained by each marketing agency in the rice agro-industry in Mataram City. The method used in this research is descriptive method, while data collection is by survey technique by interviewing respondents consisting of farmers (grain traders), traders at the rice milling level

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Saluran Pemasaran, Margin, Efisiensi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Ir. Candra Ayu, M.Si.
Date Deposited: 27 Jun 2023 08:15
Last Modified: 27 Jun 2023 08:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40373

Actions (login required)

View Item View Item